8 Cara Ganti Buku Tabungan BRI: Syarat dan Biaya

8 Cara Ganti Buku Tabungan BRI: Syarat dan Biaya

Diposting pada

Cara mengganti buku tabungan BRI Setiap orang yang membuka rekening di bank biasanya diberi kesempatan untuk mencetak riwayat transaksi yang dilakukan pada rekening tabungan tersebut dalam bentuk buku tabungan dari bank.

Selain itu, buku tabungan juga menangani tugas-tugas administrasi seperti aplikasi pinjaman, pengembalian pajak, aplikasi pinjaman, rekonsiliasi rekening dan sebagainya.

Cara mengganti buku tabungan BRI

Ketika pelanggan melakukannya dengan cepat halaman buku tabungan terisi secara teratur dan cepat kosong. Nasabah harus mengganti buku tabungan dengan yang baru.

Nasabah dapat menukarkan buku tabungan di cabang bank untuk membuka rekening tabungan, misalnya dengan Bank BRI. Namun, untuk mengganti buku tabungan, nasabah harus memenuhi persyaratan yang diperlukan.

Persyaratan untuk perubahan rekening tabungan

Penukaran Buku Tabungan BRI dapat dilakukan jika nasabah BRI memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Rekening tabungan BRI yang penuh atau ingin diganti.
  • ID Pelanggan berupa KTP/SIM/Pass.
  • Kartu debit BRI atau kartu ATM.
  • Nasabah yang kehilangan buku tabungan BRI wajib menunjukkan kwitansi kerugian ke kantor polisi terdekat.

BACA JUGA: Cara aktivasi kartu ATM BRI via Brimo dan BRI Mobile

biaya penggantian

Terdapat biaya penggantian rekening tabungan BRI berdasarkan jenis tabungan. Biaya penggantian buku tabungan yang hilang dengan tabungan BritAma sebesar Rp 50.000 sedangkan tabungan Simpedes sebesar Rp 25.000. Ada biaya penggantian sebesar Rp 25.000 untuk rekening tabungan penuh.

Cara mengganti buku tabungan BRI

Penukaran buku tabungan BRI dapat dilakukan di cabang BRI terdekat dengan bantuan petugas Pelayanan pelanggan. Pelanggan hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Datang ke kantor BRI terdekat dengan segala persyaratan yang telah Anda siapkan.
  2. Ambil nomor antrian, pergi ke Pelayanan pelanggan.
  3. Tunggu sampai nomor antrian dipanggil.
  4. Setelah panggilan, pergi ke petugas Pelayanan pelanggan dan menyatakan keinginan untuk mengubah rekening tabungan BRI.
  5. Berikan persyaratan apa saja yang dibawa ke petugas Pelayanan pelanggan.
  6. Setelah dilakukan pengecekan data pada dokumen yang dipersyaratkan dan membandingkannya dengan data yang tersimpan di sistem bank BRI, petugas menyetujuinya Pelayanan pelanggan Memberi Anda formulir penggantian rekening tabungan. Isi formulir dengan benar.
  7. Setelah Anda mengisi formulir, kembalikan ke petugas Pelayanan pelanggan untuk membuat rekening tabungan baru.
  8. Nasabah diminta menandatangani buku tabungan.
  9. Membayar biaya penggantian buku tabungan sebelum meninggalkan bank BRI.

Pemindahan rekening tabungan BRI sangat mudah dan cepat, namun tidak dapat diwakilkan oleh agen dan harus dilakukan oleh pemilik rekening tabungan itu sendiri. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Cara mengatasi lupa PIN SMS banking BRI

Cara mengganti Buku Tabungan BRI dijelaskan disini. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi para pembaca TutorBisnis.com.