Cek Tagihan KPR BTN Online dan Melalui ATM

Cara Cek Tagihan KPR BTN Online dan Melalui ATM

Diposting pada

Cek Tagihan KPR BTN (Bank Tabungan Milik Negara) adalah salah satu perusahaan perbankan milik pemerintah Indonesia atau BUMN. Sebagai bank milik negara, BTN selalu menawarkan kepada nasabahnya beberapa layanan perbankan terbaik, baik dalam bentuk simpanan, pinjaman maupun pembelian rumah.

Dengan jenis layanan pembelian rumah di Bank BTN ini bisa disebut dengan pembelian KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Oleh karena itu, pembeli KPR dihimbau untuk melakukan cicilan bulanan hingga jangka waktu cicilan selesai.

Cek Tagihan KPR BTN

Sebagai aturan, jangka waktu pelunasan hipotek sangat panjang atau bahkan sampai satu tahun. Oleh karena itu, kendala dalam membeli rumah KPR adalah nasabah sulit mengingat berapa kali mereka membayar cicilan atau sisa cicilan.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang itu, karena diariparlem.com memberi tahu Anda cara cek tagihan KPR BTN yang dapat Anda lihat pada ikhtisar di bawah ini:

Sebenarnya proses pembayaran dengan cara mencicil di Bank BTN bukanlah hal yang sulit, karena semua ini dapat diselesaikan secara online dengan bantuan teknologi modern berupa smartphone atau melalui kartu ATM BTN Anda. Harap diperhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan saat melakukan pengecekan tarif bank BTN di bawah ini:

1. Cara Cek Tagihan KPR BTN Melalui Tokopedia

Cek Tagihan KPR BTN

 

Siapa yang tidak mengenal e-commerce berupa Tokopedia, hampir semua orang mengetahuinya. Untuk saat ini, aplikasi Tokopedia tidak hanya sibuk dengan pembelian, tetapi e-commerce juga dapat Anda gunakan sebagai cek angsuran di bank BTN.

Langkah-langkah cek tarif melalui aplikasi Tokopedia adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi Tokopedia yang terpasang di smartphone pengguna. Pastikan smartphone Anda terhubung ke jaringan internet yang stabil
  2. Untuk cek tarif bank BTN silahkan pilih menu “TopUp & Invoice”
  3. Selanjutnya silahkan pilih menu “Cicilan Pinjaman”
  4. Halaman dalam bentuk formulir penyedia layanan ditampilkan di layar aplikasi. Untuk melakukan ini, silakan pilih “BTN”
  5. Silakan lanjutkan dengan memasukkan nomor kontrak berupa nomor rekening BTN pembayar
  6. Langkah selanjutnya silahkan pilih menu “Cek Invoice”
  7. Setelah langkah-langkah di atas selesai, layar aplikasi akan menampilkan informasi tagihan, sisa cicilan, dan denda (jika pelanggan terlambat membayar).
  8. Nah, jika pelanggan ingin melunasi atau membayar tagihan, maka pilih menu “Bayar”.

2. Cara Cek Tagihan KPR BTN Melalui M-Banking BTN

Cara kedua nasabah dapat melakukan pembayaran cicilan dengan Bank BTN adalah melalui aplikasi BTN Mobile Banking. Namun, cara ini hanya dapat digunakan oleh nasabah yang memiliki aplikasi dan telah terdaftar di Mobile Banking.

Jika Anda salah satu pemilik rekening BTN Mobile Banking, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelesaikan cek angsuran.

  1. Tolong buka Aplikasi seluler BTN dan lanjutkan dengan proses masuk akun. Pastikan smartphone Anda terhubung ke jaringan internet yang stabil
  2. Setelah Anda berhasil masuk ke akun Anda, silakan pilih menu “Pembayaran”
  3. Selanjutnya silahkan lanjutkan dengan memilih menu “Pembayaran Pinjaman”
  4. Pada langkah selanjutnya silahkan masukkan nomor rekening kredit atau biasa disebut dengan nomor kontrak hipotek. Jika nomor akad KPR sudah dimasukkan dengan benar, silahkan lanjutkan dengan memilih menu “Kirim”
  5. Layar aplikasi BTN Mobile Banking menampilkan jumlah tagihan beserta detail pembelian KPR Anda. Jika semua data sudah benar, Anda dapat melanjutkan dengan memilih menu “Kirim”
  6. Ketika pelanggan telah berhasil membayar tagihan, pada layar aplikasi akan muncul notifikasi tentang sisa cicilan dan nominal cicilan yang telah Anda bayarkan.

3. Cara Cek Tagihan KPR BTN  melalui telepon

Cara lain untuk memproses cek angsuran di BTN adalah dengan menghubungi nomor customer service bank BTN. Cara ini sangat efektif, tetapi pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup di nomor telepon Anda untuk melakukan panggilan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan buka menu telepon di ponsel Anda dan lanjutkan dengan menghubungi nomor 021-1500286
  2. Setelah panggilan tersambung ke bank BTN, Anda akan disuguhkan beberapa opsi. Tapi untuk KPR pilih nomor 2
  3. Kemudian untuk mengetahui tarif KPR anda bisa memilih nomor 5. Untuk tujuan ini, pelanggan ditunjukkan sisa angsuran, jumlah tagihan, denda dan sisa pembayaran hipotek mortgage
  4. Langkah selanjutnya silahkan masukkan nomor rekening BTN debitur, tanggal, bulan dan tahun lahir
  5. Nanti bisa pilih nomor 1 untuk informasi sisa cicilan
  6. Mohon tunggu beberapa saat sampai customer service menginformasikan sisa pembayaran cicilan.

4. Cara cek tagihan KPR BTN lewat email Lewat

Tarif KPR BTN juga dapat dicek melalui alamat email. Agar nasabah dapat melakukan hal ini, mohon masukkan alamat email Anda saat membuka rekening BTN dan mengisi formulir.

Namun, nasabah yang belum memberikan alamat email dapat mendatangi cabang bank BTN terdekat untuk melaporkan alamat emailnya. Nah, ketika alamat email Anda telah disiapkan dan pelanggan membayar cicilan, bank akan secara otomatis melaporkan sisa cicilan dan syarat.

Biasanya, pelanggan akan menerima informasi di alamat email yang terdaftar tentang:

  1. Nomor rekening bank
  2. Tanggal mulai kredit KPR BTN
  3. Tanggal akhir saldo KPR BTN
  4. Suku bunga KPR BTN
  5. Sisa pokok pinjaman hutang KPR BTN
  6. Jumlah angsuran per bulan
  7. Begitu juga dengan tagihan dan denda.

5. Cara Cek Suku Bunga KPR BTN Melalui ATM

 

Selain cara-cara di atas, nasabah juga dapat melakukan pengecekan suku bunga KPR BTN melalui ATM BTN. Langkah-langkah yang harus dilakukan saat melakukan verifikasi tarif BTN melalui ATM BTN adalah sebagai berikut:

  1. Silakan kunjungi outlet ATM BTN terdekat
  2. Setibanya di ATM BTN, mohon masukkan kartu ATM pada posisi yang benar pada slot kartu
  3. Nasabah diminta untuk memilih bahasa transaksi yang terdiri dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk memudahkan transaksi nanti, silahkan pilih bahasa “Indonesia”
  4. Selanjutnya, silakan masukkan PIN ATM enam digit yang benar. Pastikan nasabah tidak salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali berturut-turut karena sistem akan memblokir kartu ATM secara otomatis
  5. Beberapa menu opsi transaksi ditampilkan di layar ATM. Untuk mengedit pembayaran cicilan BTN, pilih menu “Transaksi lainnya”
  6. Langkah selanjutnya silahkan pilih menu “Pembayaran” dan lanjutkan dengan menu “Tabungan”
  7. Silahkan pilih menu “KPR”
  8. Layar ATM menawarkan 3 pilihan terkait KPR antara lain informasi KPR, pembayaran tagihan dan denda. Untuk cek tarif KPR sekarang, silahkan pilih menu “Informasi KPR”
  9. Langkah selanjutnya silahkan masukkan nomor kontrak KPR BTN. Jika nomor kontrak dimasukkan dengan benar, silakan pilih menu “Benar”
  10. Terakhir, layar ATM akan menampilkan informasi sisa tarif, denda, dan sisa suku bunga KPR.

Kesimpulan

Di atas adalah beberapa petunjuk tentang cara meninjau suku bunga KPR bank BTN. Pelanggan dapat memilih dari lima metode yang disebutkan di atas sesuai dengan kebutuhan mereka.

Namun, untuk memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan tarif BTN, pilihlah cara yang menurut Anda paling efisien, mis. B. melalui ATM atau layanan m-banking.

Jika masih mengalami kendala dalam memverifikasi tarif KPR BTN, nasabah dapat mengunjungi cabang bank BTN untuk informasi lebih lanjut.

Cukup sekian informasi di viralorchard.com untuk kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi nasabah yang ingin mengecek sisa pembayaran KPR. Baca juga artikel sebelumnya tentang Syarat pembukaan rekening Tahapan Gold BCA dan berbagai item perbankan lainnya.

Seorang wanita normal yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viral orchard yang saya tulis bermanfaat.

baca juga :

Persyaratan Pembukaan Rekening BTN