Jangan Malas Gerak, Ini Segudang Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Latihan Cardio adalah bagian terpenting dari olahraga apa pun. Setiap gerakan dalam olahraga ini memiliki peran dalam tujuan apa yang ingin Anda capai, untuk itu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan atau menjaga tubuh tetap fit.

Departemen Kesehatan AS diterbitkan Studi yang bisa menjadi panduan untuk melakukan aktivitas fisik bagi semua warga negara Amerika Serikat. Pedoman tersebut menyebutkan bahwa latihan kardio selama 150 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan hingga 5 persen dari berat awal Anda, pedoman ini merekomendasikan melakukan latihan kardio 300 menit per minggu.

Apa itu cardio

Kardio dapat didefinisikan sebagai aktivitas ritmis apa pun yang meningkatkan detak jantung Anda ke titik di mana Anda membakar kalori dan lemak paling banyak.

Tidak ada definisi khusus tentang aktivitas di sini. Baik dan kamu Pergi bersepedalari, menari, mendaki gunung KickboxingAsalkan bisa meningkatkan detak jantung Anda, maka bisa disebut latihan kardio.

Masih mengacu pada pedoman Departemen Kesehatan AS. Terlepas dari berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk aktivitas ini, waktu itu akan diakumulasikan dengan latihan kardio lain yang Anda lakukan selama seminggu.

Apa Manfaat Latihan Kardio?

Saat jantung memompa, manfaat latihan kardio tidak hanya terbatas pada organ pemompa darah itu saja.

Ahli Fisiologi Latihan Klinis, Dr. Erik Van Iterson, PhD, MS pada halaman Klinik Cleveland Sebutkan manfaat latihan kardio seperti ini:

Manfaat Latihan Kardio untuk Otak dan Sendi

Latihan kardio memiliki efek positif pada otak dan kesehatan sendi. Salah satunya adalah mengurangi risiko demensia, sedangkan manfaat lainnya antara lain:

  • Meningkatkan aliran darah dan mengurangi kemungkinan terkena stroke
  • Meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir
  • Melawan penurunan fungsi otak terkait usia
  • Mempertahankan kecepatan perkembangan penyakit Alzheimer
  • Melawan osteoporosis dan mengurangi risiko patah tulang pinggul
  • Mengurangi ketidaknyamanan artritis dan membuat persendian terus bergerak.

Manfaat Latihan Kardio untuk Kulit dan Otot

Olahraga kardio menawarkan manfaat untuk kulit yang lebih sehat. Ini karena aktivitas kardio yang Anda lakukan meningkatkan aliran darah ke tubuh.

Seperti halnya otot, latihan kardio meningkatkan suplai oksigen ke otot sehingga bisa bekerja lebih keras. Ini membuat aktivitas rutin lebih mudah dan mudah.

Peningkatan aktivitas fisik dan fisik juga berdampak positif pada penurunan berat badan. Karena Anda membakar banyak kalori dan lemak di tubuh Anda.

Manfaat Latihan Kardio untuk Pankreas dan Paru-Paru

Dengan latihan kardio, Anda meningkatkan kontrol gula darah dalam tubuh dan tingkat kolesterol dalam darah. Dengan demikian kesehatan dan fungsi pankreas tetap terjaga.

Sedangkan untuk paru-paru, Dr. Van Iterson mengatakan salah satu manfaat latihan kardio adalah dapat mengecilkan paru-paru dengan hasil yang maksimal. Paru-paru mengurangi kebutuhan akan napas dalam.

Karenanya Anda tidak akan mudah merasa lelah dan sesak napas karena paru-paru bekerja dengan hasil yang maksimal.

Manfaat Latihan Kardio untuk Fungsi Seksual

Aktivitas fisik melalui kardio dapat membantu Anda mengatasi masalah disfungsi ereksi, Kamu tahu. Sebuah studi di jurnal Pengobatan seksual mengatakan bahwa memiliki tubuh yang aktif secara fisik dapat meningkatkan fungsi ereksi.

Latihan kardio bisa meningkatkan mood

Tidak hanya latihan kardio, tapi menjaga tubuh tetap baik untuk mood atau mood Anda. Jadi jika Anda sedang stres, cobalah berolahraga, terutama olahraga kardio.

‚ÄúTidak hanya itu, latihan kardio bisa melawan depresi, memperbaikinya Harga diri atau melihat diri sendiri dan melepaskan hormon serotonin dan dopamin, “kata Dr. Van Iterson.

Manfaat senam kardio untuk tidur dan energi tubuh

Melalui olahraga, termasuk kardio, tubuh melepaskan endorfin, yang memberi energi pada tubuh. Selain itu, akan memudahkan Anda untuk beristirahat di malam hari.

Untuk itu, Dr. Van Iterson meminta Anda untuk tidak berlatih terlalu dekat dengan waktu istirahat. Pasalnya, hal itu bisa membuat Anda terlalu energik bahkan cenderung sulit tidur.

Itulah manfaat senam kardio. Mengingat banyaknya manfaatnya, tidak ada alasan bagi Anda untuk malas berolahraga, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *