Moms, Begini 4 Tips Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan Normal

Posted on

Salah satu hal yang menjadi pekerjaan rumah saat melahirkan normal adalah merawat jahitan setelah melahirkan.

Meskipun kebanyakan kasus seperti ini tidak terlalu menyakitkan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, tidak ada salahnya mengikuti tips berikut untuk mempercepat proses pemulihan Anda.

Seperti apa luka vagina setelah melahirkan?

Melaporkan dari Apa yang diharapkanProses persalinan normal dan normal biasanya menyebabkan vagina robek. Biasanya hal ini terjadi karena berbagai faktor seperti:

  1. Pertama kali melahirkan saja
  2. Bayi yang lahir lebih berat dari rata-rata
  3. Proses pengiriman membutuhkan waktu yang lama
  4. Selama proses pengerjaan, dokter menggunakan alat seperti penyedot atau Tang.

Mayoritas jenis luka terbagi dalam dua kategori. Yang pertama adalah luka derajat satu, yang ditandai dengan pecahnya selaput vagina. Kedua, ada juga yang menyebabkan cedera tingkat dua. Hal ini ditandai dengan adanya kulit dan otot vagina yang robek.

Kondisi ini umumnya dikenal sebagai robekan perineum dan terkadang memerlukan jahitan bersama dengan obat untuk mengobatinya.

 

Bagaimana cara menangani jahitan setelah persalinan normal?

Setelah meninggalkan rumah sakit, dokter atau bidan biasanya akan menyarankan Anda untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini. Tujuannya untuk merawat luka jahitan agar lebih cepat sembuh.

Jaga kebersihan jahitannya

Ini langkah utama yang perlu Anda lakukan agar sengatan akibat persalinan normal bisa cepat sembuh.

Jika ini diabaikan, luka tidak hanya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, tetapi Anda juga berisiko terkena infeksi berbahaya.

Gantilah pembalut nifas secara teratur

Anda harus mengganti pembalut Anda sesering mungkin setelah melahirkan dan Anda harus mencuci tangan sebelum dan sesudah. Ini akan mengurangi risiko infeksi akibat kondisi vagina yang tidak sehat.

Cuci dengan air dan antiseptik

Selain itu, biasakan minum secangkir air hangat yang sudah dicampur antiseptik kecil oleh dokter setiap kali perlu ke kamar mandi.

Tuangkan dengan lembut ke atas jahitan sambil duduk di dudukan toilet untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di area tersebut. Sesekali, Anda bisa berendam di bak berisi air hangat yang telah diberi antiseptik.

Air hangat menenangkan area yang terkena sengatan dan membantu pembengkakan.

Pastikan untuk mengeringkan area tersebut dengan lembut setelahnya. Semakin kering jahitannya, semakin cepat kemungkinannya sembuh secara optimal

Lakukan latihan panggul

Dikenal juga dengan senam kegel, gerakan-gerakan dalam aktivitas olahraga ini juga sangat bermanfaat bagi wanita yang baru saja melahirkan.

Senam panggul dipercaya dapat membantu meningkatkan aliran darah ke area vagina dan mempercepat proses penyembuhan jahitan. Usahakan untuk melakukan latihan ini secara rutin, dengan minimal empat latihan per hari, untuk hasil pemulihan yang optimal.

Jangan terlalu banyak mendorong saat buang air besar

Melaporkan dari HealthlinePelunak feses umum diresepkan untuk wanita yang pernah melahirkan secara normal. Fungsinya untuk mengurangi kebutuhan akan tekanan saat buang air besar.

Ini penting karena menekan terlalu keras atau terlalu sering bisa merobek jahitan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk meminta obat pencahar ringan jika mengalami kesulitan buang air besar setelah melahirkan.

Tidak ada aktivitas berat

Biasanya dokter juga melarang Anda untuk melakukan angkat berat, seperti B. mengangkat benda dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan. Alasannya, aktivitas semacam itu bisa membebani sengatnya.

Untuk pulih sepenuhnya, yang terbaik adalah tetap aktif dan berolahraga, tetapi juga banyak istirahat.

Jika beberapa metode di atas tidak menyembuhkan jahitan Anda secara efektif, atau bahkan lebih menyakitkan dan tidak sembuh. Lebih baik segera ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan meresepkan obat pereda nyeri jika diperlukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *