Mau Jualan Tapi Bingung Produk yang Ingin Dijual? Berikut Tips Memulai Bisnis Jilbab Bagi Pemula

Posted on

Kini, tren hijab justru menjadi salah satu produk fashion yang membawa hal-hal positif bagi masyarakat. Jumlah pengguna juga meningkat setiap hari. Hal ini memberikan peluang yang sangat besar untuk membangun bisnis jual beli hijab salah satunya secara online.

Jika ini pertama kalinya kamu memulai bisnis jual hijab online dan kamu ingin sukses, hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana memulai bisnis hijab online dengan modal kecil. Modal yang relatif kecil nantinya dapat ditingkatkan melalui strategi penjualan.

Tips Memulai Bisnis Hijab untuk Pemula

Membuka bisnis memang tidak instan atau menguntungkan, tetapi Anda juga akan melalui beberapa tahapan. Maka dari itu, jika Anda ingin bisnis hijab Anda yang dimulai dengan modal kecil sukses, ikuti cara di bawah ini.

1. Memulai bisnis dengan percaya diri dan ‘Basmallah’

Keyakinan ini adalah aset terpenting Anda saat memulai bisnis. Apalagi fashion hijab bukan lagi sekedar barang kecenderungan. Namun busana hijab juga berdasarkan perintah langsung dari Allah SWT yang tertuang dalam Alquran sebagai pedoman Islam.

Memulai bisnis bukan hanya mencari uang dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah, tetapi berbisnis dengan niat yang benar akan mendatangkan berkah baginya. Jika Anda hanya mencari uang, Anda hanya akan mendapatkan uang.

Mulailah dengan ‘Basmallah’ dan Allah akan mengasihani Anda. Jika Anda memiliki niat yang benar sejak awal, langkah Anda selanjutnya adalah memulai bisnis. Jangan takut untuk terlebih dahulu mencari peluang dari berbagai sumber. Anda bisa menemukan fashion hijab pilihan Anda sebagai modal awal untuk memulai bisnis fashion hijab.

Awal bisnis Anda akan semakin mengerucut jika Anda cermat menjalankan bisnis fashion hijab ini. Mengapa Anda harus banyak belajar? Hal ini dikarenakan terdapat berbagai jenis fashion hijab saat ini. Jadi jika ingin fokus mempelajari market interest, bisa mendapatkan market share.

2. Identifikasi produk

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan produk hijab mana yang akan dijual mengingat banyaknya model hijab terbaru yang beredar di pasaran saat ini. Tentukan jenis hijab yang akan dijual terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, model dan jenis hijab bisa ditambahkan sesuai tren.

Dengan menjual barang yang sedang tren, pembeli sangat mungkin menyerbu barang. Salah satu cara untuk tetap up-to-date dengan barang-barang fashion yang sedang tren adalah dengan memantau apa yang terjadi di situs mode online terbesar. Jadi hijab yang Anda jual bisa kekinian daripada jadul.

3. Toko hijab buatan sendiri

Jika Anda baru memulai, Anda perlu memikirkan sedikit tentang garis besar model hijab yang akan Anda jual. Jika Anda ingin memulai bisnis hijab buatan sendiri, Anda perlu membuat produk yang unik dan berbeda dari yang lain. Anda perlu mendalami model hijab yang sedang populer dan laris di pasaran.

Beberapa contoh model hijab yang laris di pasaran:

  • Hijab Siap Pakai (Jenis hijab siap pakai ini juga populer dengan nama Bergo-Hijab. Bergo-Hijab merupakan jenis hijab yang sangat digemari karena bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun kegiatan formal. Keunggulan dari hijab yang sudah jadi nyaman karena Anda hanya memakainya.)
  • Hijab Segitiga (Jilbab segitiga jenis ini biasanya digunakan oleh hijabers muda karena modelnya yang simpel. Bahan yang digunakan untuk hijab jenis ini umumnya tipis dan fleksibel).
  • Hijab Persegi (Jenis hijab ini merupakan jenis yang paling populer dan menjadi favorit para hijabers karena bisa digunakan untuk segala suasana dari kegiatan santai, semi formal hingga formal.Meski hijab segi empat tergolong simpel, namun jenis ini bisa dikembangkan menjadi banyak model. .)
  • Hijab Pashmina (Model hijab pashmina merupakan jenis hijab yang banyak digunakan secara online. Hijab ini disukai oleh para hijabers karena coraknya yang banyak, sehingga selalu muncul segar. Keunggulan hijab pashmina adalah bahannya tidak melamun, nyaman digunakan dan dapat menyerap keringat.

Beberapa bahan hijab terpopuler:

  • Kapas Paris
  • Satin Maxmara
  • Sutra organza
  • Pollycotton
  • Berlian dengan tekstur yang mirip dengan kulit jeruk.

4. Tentukan pasar sasaran

Target pasarnya sangat beragam mulai dari ibu rumah tangga, dewasa, remaja atau pelajar hingga anak-anak. Sesuaikan dengan tujuan yang ingin dibenahi dengan produk hijab yang Anda jual. Karena berjualan jilbab anak memang tidak menyenangkan, tapi targetnya para remaja.

Pemilihan target pasar juga berguna untuk pembuatan kemasan produk dan penentuan harga produk per unit. Jika ingin menjualnya ke kalangan menengah ke atas maka perlu mengemas hijab dengan desain yang mewah dan berkelas sehingga dapat meningkatkan daya jual para kompetitor.

5. Pemilihan supplier yang murah dan berkualitas

Untuk memulai bisnis hijab online bermodal rendah yang tidak kalah pentingnya pilihlah supplier atau supplier yang menawarkan harga murah dengan kualitas yang baik. Dengan cara ini anda bisa lebih unggul dengan produk yang lebih murah tapi juga kualitasnya tidak kalah dengan kompetitor lainnya.

Dengan menjual barang yang sedang tren, pembeli sangat mungkin menyerbu barang. Salah satu cara untuk menjaga barang dagangan tetap mutakhir adalah dengan memperhatikan apa yang terjadi di situs mode online terbesar. Jadi hijab yang Anda jual mungkin sudah up to date dan tidak jadul.

6. Pemilihan supplier yang murah dan berkualitas

Untuk memulai bisnis hijab online bermodal rendah yang tidak kalah pentingnya pilihlah supplier atau supplier yang menawarkan harga murah dengan kualitas yang baik. Jadi bisa lebih unggul dengan produk yang lebih murah tapi juga kualitasnya tidak kalah dari kompetitor lainnya.

7. Promosi

Langkah terakhir adalah periklanan. Salah satu cara untuk menyampaikan produk Anda kepada banyak konsumen adalah dengan beriklan di berbagai media sosial, situs web, pasar, dan blog.

8. Bersedekah dan berbisnis sekarang

Yang kalah adalah orang-orang yang ragu-ragu dan karena berbagai alasan. Berbagai peluang bisnis akan menginspirasi Anda untuk memunculkan ide-ide kreatif, namun segala jenis bisnis dan peluang bisnis membutuhkan ketekunan dan kerja keras para pebisnis. Itu bisa menjadi kunci bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Baca juga: Sukses jual beli tas branded? Berikut tips dan strateginya

Itulah beberapa cara memulai bisnis hijab online modal kecil yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis. Sekarang Anda tidak perlu takut gagal lagi karena cara ini akan membawa Anda menuju kesuksesan. Karena beberapa tips diatas merupakan tips khusus untuk anda yang ingin memulai bisnis hijab. Semoga ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk sukses. Semoga berhasil.