19 Cara Ganti PIN ATM BCA Yang Lupa & Terblokir

Posted on

Viralorchard.com – Tips aman bertransaksi di ATM BCA adalah mengganti PIN ATM secara rutin. Lalu bagaimana cara mengganti PIN ATM BCA? Caranya sangat sederhana. Anda bisa menukarnya di ATM terdekat atau datang langsung ke kantor BCA.

Mengapa PIN ATM BCA Anda perlu diganti secara berkala? Tujuannya untuk menjaga kerahasiaan PIN. Banyak kasus pencurian rekening akibat kelalaian nasabah Bank BCA yang dengan sengaja maupun tidak sengaja membagikan PIN ATM-nya kepada orang lain.

Hanya pemegang rekening yang diperbolehkan mengetahui PIN ATM. Jika ditemukan oleh orang lain, hal itu dapat mengakibatkan pelanggaran akun. Tentu saja, tidak ada yang menginginkan itu. Oleh karena itu kami menganjurkan agar Anda menjaga kerahasiaan PIN Anda dengan mengubah PIN Anda secara teratur setidaknya setiap 3 bulan.

Jika Anda penasaran dengan cara mengganti PIN ATM BCA di ATM atau kantor cabang, silahkan baca informasi yang dirangkum oleh penerbit viralorchard.com pengikut.

Cara mengubah PIN ATM BCA melalui ATM

Cara mengganti PIN di ATM BCA

Bagi yang tidak sempat ke cabang sebaiknya ganti PIN ATM BCA melalui ATM. Caranya sangat mudah dan cepat. Yang terpenting adalah Anda mengetahui PIN ATM lama. Jika Anda lupa, Anda tidak dapat mengubah PIN Anda di ATM BCA.

Bagi yang lupa PIN, sebaiknya ganti PIN di kantor cabang. Hal ini berlaku juga bagi nasabah Bank BCA yang PIN ATM-nya diblokir. Perlu Anda ketahui bahwa jika salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut, PIN ATM tersebut bisa terblokir.

Jika Anda mengubah PIN ATM BCA di ATM, kami menyarankan Anda untuk mencatat PIN yang Anda buat dengan cermat. Jika Anda lupa, tidak ada salahnya menuliskan PIN baru. Untuk mengetahui cara mengubah PIN ATM BCA melalui ATM, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Silakan datang ATM BCA terdekat dengan kartu debit BCA
  2. Saat Anda tiba di ATM BCA, masukkan kartu ATM di tempat yang benar di slot kartu. Nasabah BCA dapat mengikuti tutorial memasukkan kartu ATM berupa gambar stiker di bawah slot kartu
  3. Anda akan diminta untuk memilih bahasa transaksi. Pilih bahasa Indonesia untuk mempermudah proses bagi pelanggan
  4. Silakan masukkan PIN ATM lama Anda yang masih aktif.
  5. Ada opsi transaksi yang berbeda. Untuk mengubah PIN ATM BCA, pilih menu “Transaksi lainnya“”
    Cara mengganti PIN ATM BCA
  6. Kemudian lanjutkan dengan pemilihan menu “ganti PIN“”
    Cara mengganti PIN ATM BCA
  7. Harap masukkan enam digit PIN lama yang sedang digunakan.
  8. Selanjutnya, masukkan PIN ATM enam digit baru. Pastikan hanya Anda yang tahu
  9. Kemudian konfirmasi perubahan PIN ATM BCA dengan memasukkan kembali PIN ATM baru.
  10. Harap tunggu beberapa saat sampai PIN diubah. Jika berhasil, akan muncul notifikasi di layar monitor ATM yang menyatakan “PIN Anda telah diubah demi alasan keamanan, harap hindari menggunakan kembali PIN lama Anda”.
  11. Terakhir, silahkan pilih menu “Tidak” jika Anda tidak ingin melakukan transaksi lagi dan menu “YA” jika Anda tidak ingin melakukan transaksi lagi
  12. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM Anda sebelum keluar dari ATM untuk menghindari melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Setelah proses penggantian PIN berhasil, PIN lama tidak berlaku lagi dan Anda harus menggunakan PIN baru saat bertransaksi di ATM. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN Anda dan hati-hati simpan PIN yang telah Anda buat. Bagaimana jika Anda lupa?

Cara mengganti PIN ATM karena PIN terlupa atau terblokir

Banyak nasabah Bank BCA yang kesulitan lupa PIN atau pemblokiran PIN ATM karena salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengubah PIN ATM. Namun, mengganti pin yang terlupa atau terblokir tidak dapat dilakukan melalui ATM BCA.

PIN ATM BCA yang terlupa dan terblokir hanya dapat diubah melalui cabang BCA terdekat. Perwakilan layanan pelanggan akan membantu mengubah PIN nanti. Tapi pertama-tama, harap tentukan dulu persyaratan yang diperlukan.

Kondisinya sangat sederhana karena sudah cukup untuk dipakai Buku tabungan, kartu ATM dan kartu ID. Bagaimana mengubah PIN di cabang? Untuk informasi lebih lanjut, lihat informasi di bawah ini.

  1. Silakan kunjungi cabang bank BCA terdekat dengan persyaratan di atas
  2. Saat Anda tiba di cabang BCA, mohon gunakan nomor antrian untuk menuju customer service di mesin antrian. Nasabah dapat meminta bantuan petugas keamanan bank jika kesulitan menemukan nomor antrian
  3. Harap tunggu beberapa saat sampai nomor antrian Anda dipanggil
  4. Setelah nomor antrian keluar, mohon hubungi customer service representative dan informasikan tujuan Anda PIN ATM mana yang harus diubah karena diblokir atau dilupakan
  5. Perwakilan layanan Pelanggan akan memproses permintaan Anda dan memberikan beberapa permintaan ini kepada petugas CS
  6. Perwakilan layanan pelanggan akan mengatur ulang PIN ATM lama Anda. Anda kemudian akan diminta untuk membuat PIN baru Anda dua kali untuk proses verifikasi
  7. Pembuatan PIN ATM baru oleh customer service didukung oleh mesin EDC bank BCA.

Kesimpulan

Demikian informasi cara mengganti PIN ATM BCA melalui ATM dan kantor cabang. Jangan pernah membagikan PIN Anda kepada siapa pun, termasuk staf bank BCA. Hal ini diperlukan untuk menjaga kerahasiaan PIN ATM agar dapat diproses dengan aman.

Jika Anda kesulitan mengubah PIN, silakan hubungi Halo BCA di 1500888 atau email halobca@bca.co.id. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, silakan lihat halaman FAQ di bawah.

Apakah ada biaya untuk mengubah PIN ATM BCA?

Tidak, proses penggantian PIN sepenuhnya gratis

Apakah saya bisa mengganti PIN ATM BCA di ponsel?

Perubahan PIN kartu ATM hanya dapat dilakukan melalui ATM BCA atau cabang. Anda tidak dapat mengubah PIN menggunakan fungsi m-BCA di aplikasi BCA mobile di ponsel Anda.

Mengapa PIN ATM harus diubah?

Tujuannya untuk menjaga kerahasiaan PIN dan meningkatkan keamanan bertransaksi di ATM BCA

Apa saja persyaratan untuk mengganti PIN di kantor cabang?

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membawa buku tabungan, ID ATM, dan ID

Cukup informasi di viralorchard.com untuk kesempatan ini. Baca juga artikel sebelumnya tentang “Cara mengganti PIN ATM BNI“Dan berbagai informasi tentang dunia perbankan di Indonesia.

Hanya wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.