12 cara setor tunai di ATM BRI: limit dan biaya maksimal

12 cara setor tunai di ATM BRI: limit dan biaya maksimal

Diposting pada

Cara setor tunai di ATM BRI – Bank di Indonesia selalu menawarkan kemudahan bertransaksi kepada nasabahnya. Tidak hanya menyediakan layanan mobile banking, SMS banking, hingga kartu ATM, namun saat ini hampir semua bank di Indonesia menawarkan setoran tunai.

Nasabah hanya dapat melakukan setor tunai dengan mendatangi ATM terdekat yang memiliki mesin setor tunai. Sehingga nasabah tidak perlu ke bank dan antre untuk melakukan transaksi tabungan atau setor tunai di ATM.

Bank BRI merupakan salah satu bank di Indonesia yang menawarkan jasa setor tunai. Tujuan pemberian layanan Bank BRI ini adalah untuk mempermudah penyelesaian transaksi setor tunai bagi nasabahnya.

Tentunya kehadiran ATM BRI sangat bermanfaat bagi nasabah yang sibuk atau tidak memiliki waktu luang, karena transaksi dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat. Hingga saat ini, lebih banyak nasabah yang menyetor uang tunai melalui ATM dibandingkan saat mengunjungi cabang bank BRI terdekat.

Tidak perlu bingung untuk mendapatkan ATM BRI karena Bank BRI telah menyediakannya di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Namun saat melakukan setor tunai melalui mesin, mesin hanya menerima uang kertas dalam kelipatan tertentu dan tidak berlaku untuk koin.

Setoran tunai melalui ATM menjadi solusi terbaik bagi nasabah yang tidak sempat mengunjungi kantor cabang bank. Namun, dalam melakukan setor tunai melalui ATM, ada sejumlah peraturan yang harus dipatuhi agar proses transaksi dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Manfaat Setoran Tunai

Transaksi setor tunai memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BRI dan mengantre panjang pada jam kerja karena dapat dilakukan melalui ATM BRI yang menyediakan ATM dan dapat dilakukan kapan saja sesuai keinginan nasabah.
  2. Tentang mesin setor tunai ATM BRI, pelanggan dapat melakukan transaksi dalam waktu 1 x 24 jam karena mesin tidak memiliki jam kerja seperti counter bank
  3. Pelanggan dapat melakukan transfer ke semua jenis bank tanpa harus memiliki dana di rekening karena Anda secara otomatis melakukan transaksi dengan uang tunai yang dikirim ke rekening tujuan.

Setoran tunai hilang

Selain kelebihan, penggunaan setor tunai melalui ATM juga memiliki kekurangan. Kerugiannya adalah sebagai berikut:

  1. Mesin setor tunai tidak menerima kondisi uang terlipat, sobek, disekat atau dijepit.
  2. Jumlah yang dapat disetorkan terbatas. Dimana jumlah maksimal uang yang bisa disetorkan hanya 50 tangan.
  3. Nominal Rp tidak dapat disetorkan. 20.000 melalui mesin setor tunai BRI. Uang yang bisa disetorkan hanya nominal Rp 50.000 dan Rp 100.000

Cara setor tunai menggunakan ATM BRI

Tentunya setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan setor tunai di ATM BRI, Anda akan lebih memahami apa yang perlu dilakukan saat melakukan transaksi. Nah, untuk mengetahui cara setor tunai melalui ATM BRI silahkan baca informasinya viralorchard.com pengikut.

  1. Silahkan datang ke toko ATM setor tunai BRI terdekat dari tempat tinggalmu
  2. Masukkan kartu ATM BRI pada posisi yang benar pada slot kartu. Anda dapat menguji posisi kartu dengan memeriksa stiker yang terpasang di dekat slot kartu
  3. Selanjutnya silahkan pilih bahasa transaksi. Ada dua pilihan bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, untuk memudahkan transaksi Anda, silakan pilih bahasa IndonesiaPilih bahasa setor tunai BNI untuk ATM
  4. Silakan masukkan PIN mesin yang terdiri dari enam digit. Hati-hati jangan sampai salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut, karena kartu debit bisa diblokir secara otomatis oleh sistemMasukkan PIN ATM BRI untuk setor tunai
  5. Ada beberapa pilihan menu transaksi, untuk setor tunai silahkan pilih “setoran tunaiCara setor tunai di ATM Bank BRI
  6. Selanjutnya muncul informasi mengenai nominal uang yang dapat disetorkan secara tunai melalui ATM. Selain itu, ada juga peringatan untuk membersihkan dana yang disetorkan. Lalu klik”Melanjutkan“.
  7. Langkah selanjutnya adalah cukup memasukkan uang yang akan disetorkan menggunakan kotak yang disertakan di ATM. Jika bank tabungan buka, masukkan jumlah uang yang akan disetorkan di tempat yang benar. Hindari uang terlipat, sobek, tersangkut dalam toples, atau terisolasi agar proses transaksi tetap berjalan. Celengan kemudian ditutup secara otomatis ketika Anda telah memasukkan jumlah nominal yang harus dibayarkan.
  8. Tunggu mesin setor tunai menghitung jumlah setoran Anda.
  9. Ketika uang yang disetorkan berhasil dihitung oleh mesin, data informasi tentang rincian uang yang disetorkan muncul. Jika detail deposit sudah benar, silahkan pilih menu “uang mukaCara Deposit di ATM Bank BRI
  10. Kemudian transaksi setor tunai diproses. Jika berhasil, informasi tentang No. akan ditampilkan. ACC, nama dan jumlah yang disetorkan.Setoran tunai BRI berhasil
  11. Mesin setor tunai di ATM akan secara otomatis menanyakan permintaan Anda. Jika transaksi berhasil, mesin cetak mengeluarkan kwitansi sebagai bukti setoran tunai berhasil. Kemudian akan muncul perintah apakah Anda ingin melanjutkan transaksi atau tidak.
  12. Jika Anda tidak melakukan ini, transaksi akan dihentikan dan Anda dapat segera menarik kartu ATM.

Sebelum melakukan setor tunai, sebaiknya siapkan dulu nominal uangnya. Hal ini untuk mengantisipasi jika dengan mesin box terbuka tidak perlu mengatur atau menghitung jumlah uang yang akan disetorkan karena box mesin hanya dibuka sebentar.

Kesimpulan

Biasanya mesin setor tunai ATM BRI juga dapat digunakan untuk: Transmisi BRI ke Mandiri atau ke bank lain. Hal ini merupakan bukti kemudahan perbankan yang dapat dinikmati oleh nasabah bank BRI di seluruh Indonesia.

Plus, dengan ATM BRI, Anda bisa menabung di mana saja, kapan saja tanpa harus ke cabang BRI. Namun perlu diingat bahwa mesin setor tunai hanya menerima pecahan nominal Rp. 50.000 dan Rp 100.000.

Jadi, jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang informasi di atas, silakan merujuk ke halaman FAQ di bawah ini.

Apakah setoran tunai dibebankan di ATM BRI?

Tidak, Anda dapat melakukan setor tunai secara gratis di seluruh ATM BRI di seluruh Indonesia.

Apakah setoran tunai di ATM BRI aman?

Tentu saja aman. Namun, Anda tetap perlu merahasiakan PIN ATM Anda saat menyetor uang tunai di ATM BRI.

Berapa maksimal setoran tunai di ATM BRI?

Jumlah maksimum yang dapat Anda setorkan adalah Rp 50.000 atau Rp 100.000

Mengapa setoran tunai gagal?

Mungkin karena uangnya sudah aus, terlipat, sobek, atau dicap sehingga ATM tidak bisa membacanya.

Mengapa kartu ATM tidak keluar?

Jika tidak keluar, bisa dipastikan kartu ATM tersebut tertelan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menghubungi call center BRI di nomor 14017 / 1500017 agar kartu debit yang tertelan bisa terblokir.

Lengan kartu debit yang tertelan adalah hal biasa. Bagi yang mengalaminya tidak perlu khawatir karena bisa langsung dilakukan Blokir ATM BRI ditelan melalui call center BRI agar dana yang tersimpan di rekening tetap aman.

Nah, cukup sekian informasi di viralorchard.com untuk kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang hanya ingin menabung tanpa harus ke cabang BRI.