Pengertian deposito: jenis, kelebihan dan kekurangannya

Pengertian deposito: jenis, kelebihan dan kekurangannya

Diposting pada

Pengertian simpanan – Bingung mencari investasi yang cepat dan menguntungkan? Jadi bagi Anda yang bingung berinvestasi, kami sarankan untuk mencoba Deposit. Deposito telah lama menjadi pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Hal ini tidak terlepas dari manfaat yang diterima setiap pelanggan.

Meski untung, banyak orang yang ragu menyimpan uangnya di bank. Ini sangat masuk akal karena kebanyakan orang tidak memahami arti penuh dari simpanan, termasuk pro dan kontra yang menyertainya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis investasi ini, silakan baca informasi di bawah ini.

Definisi Setoran

Deposito berjangka dapat dikatakan sebagai modal tabungan yang ideal, karena memiliki jangka waktu dan tingkat bunga yang relatif tinggi dibandingkan dengan bentuk tabungan lainnya. Selain itu, deposito berjangka dapat digambarkan sebagai produk deposito yang merupakan bentuk investasi sederhana di bank dan memiliki jangka waktu tertentu.

Sebagai imbalan atas tingginya suku bunga deposito, bank dan klien membuat kesepakatan untuk tidak menarik dana yang disimpan. Pemegang rekening dapat menarik uang yang disetorkan pada titik waktu tertentu.

Jika nasabah tidak menarik uang tepat waktu, Anda harus siap didenda oleh pihak bank. Untuk itu, lakukan penarikan tepat waktu, karena semakin lama waktu menyimpan dana dalam bentuk deposito maka semakin tinggi pula bunga yang akan Anda terima.

Setoran tidak hanya dilakukan dalam mata uang rupiah, tetapi juga dapat dilakukan dalam berbagai bentuk mata uang asing. Jangka waktu yang ditawarkan untuk deposito sangat bervariasi dan mencakup 1, 3, 5, 12 atau 24 bulan.

jenis deposito

jenis setoran

Secara umum dapat dikatakan bahwa deposito tetap adalah jenis deposito tetap yang pembayarannya hanya dimungkinkan untuk jangka waktu tertentu. Jangka waktu pembayaran tergantung pada metode deposit yang dipilih oleh pelanggan. Ada beberapa di Indonesia saja jenis setoran yang dapat Anda ketahui dari informasi di artikel berikut.

1. Setoran Tetap

Definisi Deposito tetap adalah jenis tabungan yang penarikannya dapat dilakukan pada waktu tertentu. Dengan jenis simpanan ini, bank membayar bunga dan besaran bunganya lebih tinggi dibandingkan dengan simpanan tabungan biasa.

Deposito berjangka dapat diterbitkan oleh perorangan atau lembaga swasta. Selain itu, dengan deposito berjangka, kita perlu menyimpan uang pada waktu tertentu, dan uang yang disimpan hanya dapat ditarik jika karena pihak yang tercantum dalam bilyet.

2. Sertifikat Deposito

Sertifikat Deposito adalah jenis sertifikat yang tidak mengacu pada nama orang atau lembaga manapun, sehingga dapat dipindahtangankan dengan cara niaga.

3. Sertifikat Sesuai Permintaan

Bentuk rekening call money ini adalah rekening deposito berjangka dengan jangka waktu retensi yang relatif singkat. Waktu penyimpanan sertifikat pengambilan adalah 1 minggu hingga 1 bulan, dicadangkan untuk simpanan besar.

Pro dan kontra dari deposito

Pro dan kontra dari deposito

Sekarang setelah kita mengetahui jenis-jenis deposito, yang harus kita lakukan hanyalah membahas pro dan kontra berinvestasi melalui deposito. Keuntungan yang diraih tentunya sangat menjanjikan dan bisa menjadi solusi paling tepat bagi Anda yang sedang bingung memilih investasi terbaik.

Selain deposito, sebenarnya masih banyak bentuk investasi lainnya, seperti yang akan kita lihat pada artikel berikut ini “Investasi terbaik untuk pemulaTapi bagi yang mencari cara aman lebih baik punya deposit. Tidak hanya aman, tetapi juga banyak keuntungan sebagai berikut.

Keuntungan Setoran

  1. Dapatkan bunga yang besar dibandingkan dengan tabungan biasa. Pendapatan bunga dipotong dari uang kita setiap tiga bulan atau setiap tahun, tergantung pada periode deposito.
  2. Keamanan uang terjamin.
  3. Mengambil resiko yang cukup kecil, bahkan tidak mengambil resiko sama sekali.
  4. Mengakses bunga itu mudah karena uang dan bunga yang kita terima diterima atau ditransfer melalui rekening pemegang deposito. Namun, jika pemilik deposito ingin menginvestasikan kembali, mereka dapat melakukan sistem rollover otomatis dan menerima bunga yang lebih tinggi karena bunga majemuk terjadi.
  5. Menjadi investasi yang menguntungkan.

Setoran tidak ada

  1. Menerima keuntungan kecil karena keuntungan dari deposito tidak sebanding dengan uang yang disetorkan.
  2. Berpartisipasi dalam inflasi atau penurunan nilai mata uang.
  3. Dikenakan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPH) sebesar 20% per tahun. Pembayaran pajak dipotong dari bunga yang diperoleh.
  4. Jika Anda menarik deposit Anda lebih awal, Anda akan dikenakan sanksi.
  5. Nilai investasi tidak meningkat.

Cara kerja deposit

tenor dan bunga

Ada dua hal yang harus diperhatikan jika Anda tertarik untuk berinvestasi melalui deposito, yaitu bunga dan term atau jangka waktu deposito. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi dibawah ini.

Jangka Waktu & Bunga

Seperti dijelaskan di atas, jika Anda melakukan deposit selama periode yang dipilih, Anda tidak akan dapat menarik dana atau jangka waktu telah berakhir. Ada berbagai istilah mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun hingga 2 tahun.

Untuk term atau term yang dipilih, Anda akan menerima tingkat bunga yang telah ditentukan, yaitu:

  • 1 bulan Anda mendapatkan tingkat bunga 5,5% per tahun
  • 3 bulan menerima tingkat bunga 5,9% per tahun
  • 6 bulan dikenakan bunga 5,9% per tahun
  • 12 bulan dikenakan bunga 5,9% per tahun.

Namun, jumlah bunga dapat bervariasi tergantung pada bank. Untuk referensi, Anda dapat membaca artikel tentang “Bunga deposito sendiri” dan “Suku Bunga Deposito BRI

frekuensi pembayaran bunga

Di bawah ini adalah pilihan pembayaran yang berbeda untuk deposit:

  • Pembayaran tahunan berarti bunga dibayarkan pada akhir tahun.
  • Pembayaran permerter, artinya bunga dibayarkan setiap 6 bulan sekali.
  • Pembayaran triwulanan di mana bunga deposito dibayarkan setiap 4 bulan.
  • Pembayaran bulanan, yaitu bunga deposito dibayarkan setiap akhir bulan.
  • Pembayaran dua mingguan berarti bahwa bunga dibayarkan setiap 2 minggu.
  • Pembayaran mingguan, artinya bunga dibayarkan setiap akhir pekan.
  • Pembayaran jatuh tempo, dengan bunga deposito dibayarkan pada setiap Tanggal Jatuh Tempo.

sistem kerja escrow

  1. Harus melakukan setoran minimum pada saat pendaftaran untuk menerima setoran. Setoran mensyaratkan setoran awal minimal 5 juta, sehingga masing-masing bank memiliki kebijakan masing-masing.
  2. Memiliki jangka waktu deposit 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan. Pemegang simpanan harus memilih jangka waktu sesuai dengan penggunaan simpanan/setoran uang mereka.
  3. Pencairan dana tidak bisa sembarangan, harus konsisten dengan jangka waktu yang dipilih. Jika Anda telah melanggar batas waktu penarikan, Anda akan dikenakan denda atau biaya penalti.
  4. Menerima bunga deposito yang lebih tinggi karena batas waktu. Tingkat suku bunga telah diperbarui agar sesuai dengan pedoman Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  5. Deposito dapat digolongkan sebagai aset yang dapat dijadikan jaminan. Namun, tidak semua bank menerima jaminan dalam bentuk simpanan.
  6. Tidak ada biaya pengelolaan untuk simpanan, sehingga uang yang Anda setorkan tidak akan hilang sepeser pun hingga jatuh tempo.
  7. Persyaratan pendaftarannya sederhana, Anda hanya memerlukan beberapa dokumen seperti rekening bank, KTP dan materai. Dokumen ini merupakan prasyarat untuk membuka atau menutup rekening efek.

Sekarang setelah Anda mengetahui semua tentang pentingnya deposito, kami harap Anda dapat memutuskan apakah akan berinvestasi melalui deposito atau memilih investasi lain seperti reksa dana, saham, emas, atau bahkan investasi real estat.

Di atas adalah beberapa penjelasan tentang simpanan, mulai dari pengertian simpanan, kelebihan dan kekurangan simpanan, cara kerja simpanan, frekuensi pembayaran simpanan, hingga ciri-ciri simpanan. Deposit ini sangat efektif bagi anda yang tidak mampu menabung, karena deposito tidak bisa diambil atau ditarik secara tiba-tiba seperti tabungan.