22 syarat pengajuan KPR BTN 2021 dan cara pengajuannya

22 syarat pengajuan KPR BTN 2021 dan cara pengajuannya

Diposting pada

Syarat Pengajuan KPR BTN – Siapa yang tidak ingin memiliki rumah? Semua orang membutuhkannya sebagai tempat berteduh atau tempat peristirahatan. Meski rumah cukup mahal dan sulit dibayar pembeli, bank-bank di Indonesia saat ini menawarkan program KPR atau KPR.

Salah satu bank yang menawarkan program KPR adalah bank BTN. Bank BTN menawarkan program KPR untuk real estate dan apartemen.

KPR BTN yang biasa disebut dengan KPR BTN Subsidi atau KPR BTN Sejahtera FLPP merupakan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan hasil kerjasama Bank BTN dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Keunggulan program KPR BTN adalah suku bunga rendah dan cicilan pinjaman tetap. Bagi Anda yang berminat mendapatkan KPR BTN dengan pihak bank, silahkan simak informasi persyaratan pengajuan KPR BTN berikut ini.

Keunggulan KPR BTN

Sebelum masuk ke prasyarat pengajuan KPR BTN, sebaiknya pahami dulu keunggulan Bank BTN dalam program layanan KPR. Keunggulan KPR BTN adalah:

  • Pengajuan KPR BTN sangat mudah dan cepat
  • Memiliki suku bunga yang kompetitif
  • Dapatkan asuransi jiwa, asuransi kebakaran, dan asuransi gempa bumi
  • Memiliki jangka waktu cicilan yang fleksibel, hingga 25 tahun
  • Fleksibilitas dalam memilih lokasi properti dan rumah idaman
  • Jika Anda mendapatkan perhitungan beban yang efektif, Anda dapat membuat kredit harian, mingguan atau bulanan.

Jenis KPR BTN

Setelah mengetahui manfaat KPR BTN, Anda mungkin tertarik untuk melamarnya. Jadi, sebelum bertindak, lakukan riset terlebih dahulu tentang jenis-jenis KPR BTN. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

1. KPR BP2BT

Jenis KPR BP2BT adalah KPR kerjasama antara Bank BTN dengan Kementerian PUPR RI. KPR BP2BT diberikan kepada masyarakat yang menerima uang muka berupa tabungan untuk pembelian properti atau untuk swadaya.

Subsidi yang diberikan memiliki nilai nominal Rp 32,4 juta dengan minimal uang muka 5%. Selain itu, KPR BP2BT memiliki jangka waktu yang cukup panjang yaitu 20 tahun.

2. KPR BTN Bersubsidi

Untuk jenis KPR BTN Subsidi ini diperuntukan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dan menerima tarif murah dan tarif mudah. Kepemilikan rumah yang diterima adalah real estate atau apartemen.

Subsidi uang muka mencapai EUR 32,4 juta dengan tingkat bunga minimum 5%. Selain itu, jangka waktu KPR BTN yang dibiayai adalah 20 tahun.

3. KPR BTN Mikro

KPR BTN Mikro adalah jenis KPR dengan produk yang memudahkan pembelian tanah dan rumah, pembangunan rumah dan renovasi rumah secara bertahap. KPR jenis ini cocok dan diprioritaskan untuk konsorsium sektor informal.

Cicilan mikro KPR BTN dapat dibayarkan dalam bentuk pembayaran harian, mingguan bahkan bulanan, sesuai kesepakatan antara nasabah KPR dengan bank BTN. Uang muka yang diperlukan untuk penyertaan KPR BTN Mikro adalah 1% dengan maksimum kredit hingga 10 juta dan memiliki jangka waktu 10 tahun.

4. KPR BTN platinum

KPR platinum jenis ini dapat digunakan untuk membeli rumah baik dari developer (developer) maupun non developer. Membeli rumah melalui KPR Platinum tidak harus melalui badan hukum, namun Anda dapat membeli rumah melalui perorangan.

Untuk KPR Platinum, Bank BTN telah bekerja sama dengan banyak partner developer di sejumlah kota di Indonesia, sehingga cukup mudah mengelola KPR melalui sejumlah lender. Selain itu, dengan mengambil KPR BTN Platinum, Anda mendapatkan asuransi kebakaran serta jangka waktu yang cukup panjang yaitu 25 tahun.

Syarat KPR BTN

Sebelum melalui proses pengajuan KPR BTN, Anda perlu mempersiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Penyusunan persyaratan KPR BTN bertujuan untuk mempercepat proses pengajuan.

  1. warga negara Indonesia
  2. Usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat jatuh tempo kredit
  3. Mereka memiliki pendapatan sekitar 4 juta untuk rumah kesejahteraan pertanian dan 7 juta untuk rumah kesejahteraan dangkal
  4. Telah bekerja minimal 1 tahun atau telah menjalankan bisnis minimal 1 tahun
  5. Memiliki dokumen eKTP, SPT tahunan dan NPWP
  6. Pengembang tanah atau apartemen makmur harus terdaftar di Kementerian RUPR dan pengembang harus memiliki opsi asuransi
  7. Spesifikasi rumah harus sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia
  8. Khusus untuk KPR BTN Platinum, Anda perlu mengambil asuransi pribadi, karena BTN akan memberikan manfaat asuransi nanti saat pengajuan KPR diterima.
  9. Permohonan KPR BTN Platinum disyaratkan untuk menandatangani perjanjian pinjaman dan APHT (Akta Hak Tanggungan).
  10. Cicilan KPR BTN Platinum dibayar dengan cara debet langsung dari rekening pemohon

Syarat Pengajuan KPR BTN

Setelah mengetahui manfaat, jenis, dan persyaratan KPR BTN, kini Anda sudah mengetahui cara pengajuannya dengan lancar dan sukses. Berikut langkah-langkahnya:

1. KPR BP2BT/mikro/subsidi

  1. Pemohon KPR silahkan pilih lokasi rumah sesuai kebutuhan
  2. Bagi pelamar yang bingung mencari lokasi KPR bisa dari website resmi btn.proprerti.co.id. dapatkan dukungan
  3. Silakan isi dokumen sesuai dengan persyaratan di atas
  4. Setelah melakukan langkah 1, 2 dan 3, berkas tersebut diproses oleh Bank BTN yang terdiri dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), verifikasi dan analisis data.
  5. Jika proses pengajuan sudah berhasil disetujui, lanjut ke perjanjian pinjaman
  6. Langkah terakhir adalah proses penarikan.

2. Hipotek Platinum

  1. Anda dapat mengajukan kredit KPR platinum di kantor bank BTN
  2. Silahkan isi formulir aplikasi KPR BTN Platinum
  3. Saat berkunjung ke kantor bank BTN untuk mengajukan KPR platinum, jangan lupa membawa dokumen lengkap sesuai persyaratan di atas
  4. Setelah dokumen lengkap, Bank BTN akan segera memproses permohonan KPR platinum
  5. Setelah proses aplikasi berhasil, harap siapkan biaya prabayar kredit di rekening tabungan pemohon
  6. Harap menandatangani perjanjian pinjaman bersama dengan perjanjian pembelian.

Nah itulah beberapa syarat pengajuan KPR BTN. Seperti yang Anda lihat di atas, persyaratan yang dibutuhkan tidak sulit sehingga bisa menjadi alternatif KPR dari Bank BRI atau Mandiri. Beberapa informasi viralorchard.com Semoga bermanfaat kali ini dan bisa menjadi referensi.