Cara mengganti PIN ATM BRI yang diblokir

Cara mengganti PIN ATM BRI yang diblokir

Diposting pada

Cara mengganti PIN ATM BRI yang diblokir dengan mudah dan aman. Kartu debit atau yang biasa kita sebut dengan kartu ATM adalah kartu pembayaran elektronik yang dikeluarkan oleh sebuah bank. Kartu ini dapat bertindak sebagai pengganti pembayaran tunai di mana informasi tentang tabungan Anda disimpan di bank penerbit.

Saat ini, banyak orang memilih salah satu fasilitas yang disediakan oleh bank, yaitu kartu ATM. Selain memudahkan transaksi antar bank dan antar bank, keamanan kartu ATM juga sangat terjaga karena sudah termasuk PIN yang harus Anda masukkan saat bertransaksi menggunakan kartu ATM. Ini adalah keunggulan utama yang dimiliki kartu ATM dalam proses transaksi.

Cara mengganti PIN ATM BRI yang diblokir

Keamanan kartu ATM juga harus dijaga dengan cara mengganti PIN ATM BRI secara berkala, tidak lebih dari 3 bulan sekali. Hal ini untuk melindungi kartu ATM BRI Anda dari hal-hal yang tidak Anda inginkan. Dan jika Anda mengganti PIN ATM BRI secara berkala, kartu ATM BRI Anda aman. Biasanya faktor yang sering terjadi saat ATM diblokir adalah karena lupa memasukkan PIN sebanyak 3 kali dan akhirnya terblokir. Lalu bagaimana cara mengganti PIN ATM BRI yang terlupa atau terblokir?

Nah sebelum masuk ke penjelasan cara ganti PIN ATM BRI yang diblokir, perlu diketahui bahwa kode PIN terdiri dari 6 digit yang di generate secara acak oleh nasabah dan digunakan untuk melindungi kartu debit. Sehingga kartu debit tidak dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab selama tidak memiliki kode PIN. Jadi buatlah PIN yang sulit ditebak dan jangan beritahu siapapun.

Anda dapat mengubah PIN ATM BRI yang dibanned dengan beberapa cara, antara lain ATM, BRI Mobile, Internet Banking, SMS Banking, dan langsung ke cabang. Pada artikel ini, pertama-tama kami akan menjelaskan cara mengganti PIN secara teratur. Langkah-langkah untuk mengubah PIN ATM BRI adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi ATM BRI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM BRI ke dalam ATM
  3. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan
  4. Silakan masukkan PIN ATM 6 digit Anda
  5. Kemudian akan muncul menu utama ATM, silahkan pilih menu “Transaksi Lainnya”.
  6. Setelah itu, silahkan pilih menu “Ubah PIN” di kanan bawah layar ATM
  7. Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan PIN ATM lama anda, jika ya silahkan tekan OK
  8. Selanjutnya silahkan masukan PIN ATM BRI baru yang telah anda siapkan
  9. Tunggu proses ganti PIN Anda berhasil
  10. Setelah itu akan ada struk untuk transaksinya, ambil struk tersebut sebagai bukti yang akan dibutuhkan suatu saat nanti
  11. Ketika pertanyaan “Apakah Anda ingin melakukan transaksi lagi?” Cukup pilih “Tidak” dan ambil kartu ATM Anda
  12. Selesai

Selain menggunakan ATM, Anda juga dapat menggunakan layanan Bank BRI lainnya tanpa harus datang ke cabang. Anda dapat melakukan ini menggunakan aplikasi mobile banking yang disediakan bank atau internet banking. Anda tidak hanya dapat menggunakan layanan ini untuk mengubah PIN ATM, Anda juga dapat menggunakan layanan ini untuk transaksi keuangan lainnya.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan kartu ATM BRI

1. Melalui BRI Mobile

Aplikasi mobile banking sangat memudahkan nasabah bank di Indonesia untuk melakukan transaksi. Aplikasi yang digunakan oleh pengguna BRI adalah BRI Mobile. Berdasarkan website Bank BRI, bri.co.id, Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan kartu ATM Anda dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi BRI Mobile di ponsel Anda
  2. Masuk ke menu Layanan Pelanggan
  3. Pilih submenu “Layanan Lainnya”.
  4. Klik Aktifkan/Nonaktifkan Kartu
  5. Masukkan kode PIN Mobile Banking Anda
  6. Kemudian klik Kirim
  7. Tunggu notifikasi selanjutnya dari pihak bank BRI melalui SMS.

2. Melalui Internet Banking BRI

Selain menggunakan BRI Mobile, Anda juga dapat menggunakan Internet banking untuk ini. Jika Anda melakukan transaksi melalui internet banking, jangan heran jika langkahnya hampir sama saat menggunakan aplikasi BRIMo. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu layanan pelanggan
  2. Pilih submenu layanan lain
  3. Klik Aktifkan/Nonaktifkan Kartu
  4. Masukkan kata sandi internet banking Anda, lalu klik Kirim
  5. Tunggu notifikasi selanjutnya dari pihak bank BRI melalui SMS.

3. Melalui call center BRI

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengatasi masalah kartu ATM yang terblokir dengan menghubungi call center BRI. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi call center BRI di 14017 atau 1500017
  2. Setelah terhubung, Anda dapat dengan jelas mengirimkan keluhan Anda ke layanan pelanggan
  3. CS akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk memverifikasi data
  4. Ikuti petunjuk CS Bank BRI.

4. Melalui SMS banking dari Bank BRI

Selain itu, Anda juga dapat berpindah ATM dengan menggunakan layanan SMS banking Bank BRI. Jadi jika Anda ingin mengubah PIN bank Anda melalui SMS, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda dengan mengirimkan SMS dengan format:

  1. PIN (spasi) PIN baru (spasi) PIN lama
  2. Misalnya: PIN 123456 654321
  3. Kirim SMS ke 3300

5. Melalui BRI dual bag

Jika Anda menggunakan layanan SMS banking Anda akan dikenakan biaya Rp. 660 untuk setiap SMS bertopeng. Namun, ini hanya berlaku untuk operator Telkomsel. Selain menggunakan layanan perbankan di atas, salah satu cara yang dianggap paling efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendatangi langsung ke cabang. Hal ini terutama dilakukan oleh nasabah bank BRI karena diyakini kesalahan dalam proses penggantian PIN yang berasal dari nasabah itu sendiri dapat diminimalisir.

Untuk mengubah PIN ATM BRI dengan datang langsung ke cabang:

  1. Bawalah dokumen-dokumen yang diperlukan seperti buku tabungan, kartu ATM dan kartu identitas (KTP/paspor) bersama Anda
  2. Setelah itu silahkan ambil nomor antrian CS dan tunggu beberapa saat giliran anda
  3. Kenali CS dan sampaikan maksud dan tujuan Anda datang ke cabang
  4. CS akan segera memproses keluhan Anda dan akan menunggu beberapa saat hingga proses berhasil
  5. Selesai

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan jika ingin mengganti PIN ATM BRI yang terblokir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Terima kasih telah membaca informasi kami  Baca juga informasi kami sebelumnya  : 8 Cara Ganti Buku Tabungan BRI: Syarat dan Biaya