Bisnis online adalah

Bisnis online adalah? 3 Definisi bisnis online menurut ahlinya

Diposting pada

Bisnis online adalah ? Apa saja yang termasuk dalam bisnis online? Untuk memahami konsep bisnis online, sangat penting untuk mengetahui jawaban dari dua pertanyaan tersebut.

Jika Anda sedang mempelajari apa itu bisnis online dan apa saja ciri-ciri bisnis online, Anda datang ke tempat yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan mencoba membahas pengertian atau pengertian bisnis online.

Bisnis online adalah? Definisi bisnis online

Secara etimologis istilah bisnis online terdiri dari dua kata yaitu “bisnis” dan “online”.

Bisnis itu sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan menyediakan barang dan jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Sedangkan online berasal dari bahasa Inggris, dimana istilah resmi bahasa Indonesia adalah online atau secara umum disingkat “online”. Online sendiri mengacu pada sistem komunikasi jaringan internet yang menghubungkan berbagai perangkat dan sistem informasi.

Berdasarkan dua pengertian dari kata bisnis online yaitu kegiatan penyediaan barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan melalui media jaringan internet.

Definisi bisnis online menurut para ahli

Secara etimologis, definisi bisnis online memberikan gambaran tentang apa yang bisa disebut bisnis online.

Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak bisnis yang menggunakan internet untuk menyediakan barang dan jasa sehingga dapat digolongkan sebagai “bisnis online”.

Meski begitu, setiap perusahaan bisa memiliki level aktivitas online yang berbeda-beda.

Ada perusahaan yang melakukan aktivitas online yang berkaitan dengan pemasaran dan penjualan saja, tetapi ada juga perusahaan yang aktivitasnya semua dilakukan secara online.

Adanya karakteristik yang berbeda di antara bisnis online tersebut dapat menimbulkan pertanyaan bagi mereka yang ingin memahami pentingnya menjalankan bisnis online. Untuk memahami hal ini lebih jauh, kita bisa merujuk pada pemahaman tentang bisnis online dari ahlinya.

3 Pengertian bisnis online menurut ahlinya

Untuk memudahkan anda dalam memahaminya, berikut akan kami uraikan 3 definisi bisnis online menurut keterangan ahli sebagai berikut:

Bisnis online sebagai arus informasi

Berdasarkan Penyerangan Prof. Prof. Al-Dabagh Bisnis online adalah pengganti metode arus informasi lama yang tidak efektif dalam rantai pasokan dan nilai perusahaan dan untuk penciptaan metode baru berdasarkan teknologi Internet, komputer, dan komunikasi.

Optimasi bisnis online

Mirip dengan definisi ini, Strauss et al. (2009) bahwa bisnis online merupakan optimalisasi berkelanjutan dari kegiatan bisnis suatu perusahaan melalui teknologi digital.

Bisnis online sebagai ruang lingkup transaksi

Berbeda dengan pemahaman para ahli di atas tentang bisnis online, Turban et al. (2008) mendefinisikan bisnis online sebagai definisi yang lebih luas dari e-commerce, yang tidak hanya mencakup pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga layanan pelanggan, bekerja sama dengan mitra bisnis dan melakukan transaksi elektronik dalam suatu organisasi.

Baca juga : Modal Usaha Toko Baju

Fitur berbisnis online

Berdasarkan 3 definisi bisnis online menurut para ahli di atas maka dapat dipahami bahwa yang disebut bisnis online hanya dapat mencakup salah satu kegiatan dalam bisnis tersebut, seperti:

  • Penjualan dan pemasaran;
  • Rantai pasokan dan pengadaan;
  • Komunikasi;
  • Penelitian dan Pengembangan;

atau sertakan semua hal di atas. Sehingga perusahaan online dapat dibedakan berdasarkan proporsi kegiatan yang dilakukan secara online menjadi:

  • Perusahaan yang aktivitasnya sepenuhnya dilakukan secara online;
  • Perusahaan yang sebagian aktivitasnya dilakukan secara online.

Perusahaan yang semua aktivitasnya di jaringan mungkin tidak sebanyak perusahaan yang hanya memiliki sebagian aktivitasnya di jaringan.

Perusahaan yang semua aktivitasnya dilakukan di jaringan dapat digambarkan sebagai bisnis online murni. Beberapa contoh bisnis online murni adalah:

  • Blog bisnis;
  • Bisnis pemasaran media sosial;
  • Optimisasi mesin pencari bisnis;
  • Bisnis pemasaran afiliasi;
  • Kursus bisnis online;
  • Bisnis e-book;

Berdasarkan contoh di atas maka ciri bisnis online only pada umumnya berupa bisnis yang menyediakan jasa yang kemudian dapat disampaikan seluruhnya melalui media internet.

Sementara itu, bisnis yang beroperasi sebagian di jaringan bisa disebut bisnis online campuran.

Contoh bisnis online campuran sangat banyak. Ini karena banyak pebisnis konvensional yang sebelumnya tidak melakukan aktivitas apapun di jaringan sudah mulai menggunakan internet dalam bisnisnya.

Bisnis Online

Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan dalam jaringan. Definisi ini mencakup transaksi yang dilakukan sepenuhnya di Internet atau hanya sebagian di Internet.

Bagaimana menurut anda? Apakah Pemahaman Bisnis Online Sudah Benar? atau, menurut pendapat ahli lainnya, apakah Anda lebih terkait dengan pengertian bisnis online? Jika iya, silahkan bagikan ilmunya dengan menggunakan kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *