8 Investasi Terbaik untuk Pemula Tahun 2021

8 Investasi Terbaik untuk Pemula Tahun 2021

Diposting pada

Viralorchard.com – Berinvestasi adalah langkah yang baik ketika seseorang ingin membangun kekayaan untuk masa depan atau masa depan yang penuh ketidakpastian. Investasi juga dapat disebut sebagai tabungan berwawasan ke depan dan tabungan ini akan meningkat sesuai dengan nilai atau tingkat pengembalian.

Tentu saja, kaum milenial perlu ingat untuk berinvestasi untuk kehidupan yang akan datang. Mereka percaya bahwa berinvestasi akan menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang dapat digunakan untuk kebutuhan masa depan seperti pendidikan anak, dana pensiun, bahkan dana perjalanan.

Bagi yang berminat berinvestasi, Indonesia memiliki beberapa jenis solusi investasi yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan investor. Beberapa jenis investasi di Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebelum kita berinvestasi, kita perlu memahami kelebihan dan kekurangan dari jenis investasi yang dipilih. Bagi para pemula khususnya, mereka tentu benar-benar baru dalam dunia investasi. Oleh karena itu, harap perhatikan rekomendasi investasi terbaik untuk pemula berikut ini.

setoran pertama

Deposito merupakan salah satu bentuk investasi dari bank yang menjanjikan tingkat bunga nasabah untuk jangka waktu tertentu. Investasi dalam bentuk deposito dengan demikian merupakan uang nasabah yang diam yang dapat dibayarkan kemudian dalam jangka waktu tertentu atau setelah tanggal investasi deposito yang disepakati secara tertulis.

Untuk metode pembayaran, Anda dapat memilih jangka waktu seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 bulan, tergantung pada jangka waktu yang dipilih.

Keuntungan setoran

  1. Suku bunga yang diberikan kepada nasabah lebih tinggi yaitu 3 sampai 7 persen
  2. Gratis administrasi bulanan
  3. Berinvestasi dalam deposito cukup aman karena dana tersebut dilindungi oleh lembaga simpanan kredit
  4. Investasi simpanan berguna tidak hanya untuk menyimpan uang tetapi juga sebagai jaminan pinjaman
  5. Membuka investasi deposito sangat mudah, yang Anda butuhkan hanyalah rekening bank, KTP dan materai.

Setoran tidak ada

  1. Kerugian dari simpanan adalah tidak dibayarkan sesuai keinginan hati nasabah
  2. Hasil investasi tidak setinggi dengan jenis lain seperti saham atau forex

2. Emas

Investasi emas

Selain barang yang banyak diminati masyarakat, emas juga merupakan investasi yang banyak peminatnya. Berinvestasi dalam emas dapat bermanfaat bagi orang-orang karena dijamin dan aman.

Bagaimana tidak menguntungkan? harga emas naik dari tahun ke tahun. Selain itu, harga jual emas sangat berbeda dengan harga beli emas, karena harga jual emas cukup tinggi.

Keuntungan berinvestasi emas

  1. Investor emas mendapatkan fleksibilitas karena dapat ditarik dalam bentuk uang tunai kapan saja
  2. Berinvestasi dalam emas, dapatkan bebas pajak
  3. Berinvestasi emas bisa disebut sebagai pelindung kekayaan rakyat seiring dengan kenaikan harga dari waktu ke waktu

Kerugian berinvestasi emas

  1. Memiliki resiko kerugian yang tinggi karena rawan pencurian jika disimpan di dalam ruangan atau sebagai perhiasan
  2. Meski harga emas naik dari waktu ke waktu, namun tidak selalu terjadi, terkadang harga emas mengalami penurunan harga jual, meski tidak jarang naik.

gudang ke-3

Investasi saham

Saham adalah investasi yang menarik saat ini. Investasi saham dapat dipandang sebagai investasi pada perusahaan tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah produksi, kegiatan perusahaan untuk meningkatkan jumlah produksi.

Keuntungan berinvestasi saham

  1. Pemodal berhak menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) dan diakui oleh pemilik perusahaan
  2. Investor berhak atas dividen dari setiap saham yang dimilikinya. Semakin banyak saham yang dimiliki investor, semakin tinggi dividen yang diterima. Namun, dividen hanya dibayarkan ketika perusahaan kami menghasilkan keuntungan

Kerugian berinvestasi di saham

  1. Bagi Anda yang berinvestasi di saham salah satu perusahaan yang merugi, perusahaan tidak akan membagikan dividen karena merugi.
  2. Investor bisa kehilangan segalanya jika perusahaan turun saat harga saham turun, dan ini bisa menyebabkan investor bangkrut jika tidak dibarengi dengan pengelolaan dana dan risiko yang baik.

4. Kepemilikan

Investasi Real Estate

Berinvestasi di bidang real estat menguntungkan karena menunjukkan semakin banyak orang yang membutuhkan real estat untuk bertahan hidup. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk berinvestasi di real estate dan aset yang Anda dapatkan adalah hak milik atas tanah atau rumah.

Manfaat investasi real estat

  1. Keuntungan dari investasi real estat adalah tidak ada risiko kerugian yang besar, dan Anda juga dapat menggunakan investasi real estat sebagai ruang hidup.
  2. Nah, keuntungan kedua adalah investor yang membutuhkan uang dapat menggunakannya dengan menjual atau menyewakannya

Kerugian dari investasi real estat

  1. Kelemahan dari sebuah properti adalah jika Anda perlu menjualnya dalam waktu dekat, Anda harus menunggu prospek yang ingin membeli properti Anda.

5. Obligasi

Investasi obligasi

Obligasi adalah bentuk investasi di mana uang atau hutang dipinjamkan kepada pemerintah atau perusahaan atau korporasi. Perusahaan yang meminjamkan uang wajib memberikan bukti berupa obligasi pemerintah dan perusahaan yang meminjamkan uang kepada investor wajib mengembalikannya setelah tanggal jatuh tempo beserta bunganya.

Keuntungan dari investasi obligasi

  1. Investor menikmati keuntungan bersama yang luar biasa dari perusahaan yang meminjam dana Anda

Kerugian dari investasi pensiun

  1. Investor tidak dapat menarik hasil investasinya sebelum tanggal jatuh tempo yang disepakati antara investor dan penerima dana
  2. Jika perusahaan yang dipilih bangkrut, investor juga akan merasakannya, karena perusahaan tidak akan mampu mengembalikan pinjamannya

6. Reksa Dana

Reksa dana merupakan alternatif yang baik bagi investor karena menghimpun dana dari masyarakat dan ditempatkan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Investasi reksa dana sangat bermanfaat bagi investor ritel atau investor yang tidak memiliki keterampilan berhitung dan pengetahuan yang terbatas.

Selain itu, reksa dana berharap dapat memperkuat peran investor guna memperkuat peran investor lokal di pasar modal Indonesia.

Manfaat investasi reksa dana

  1. Investor reksa dana dapat melakukan diversifikasi tanpa harus memiliki modal dalam jumlah besar
  2. Reksa dana dapat mengumpulkan uang dalam jumlah besar untuk memungkinkan manajer investasi memverifikasi produk investasi mereka di pasar modal atau pasar uang
  3. Melalui reksa dana, investor biasa pun bisa merasakan keuntungan berinvestasi di pasar modal

Kekurangan investasi reksa dana

  1. Reksa dana ikut menanggung kerugian karena harus dibagikan kepada investor lain
  2. Menerima biaya tambahan sebagai biaya manajemen yang merupakan bagian dari manajer investasi
  3. Investor dapat menciptakan likuiditas, dengan risiko masalah manajer investasi, jika sebagian besar investor reksa dana menjual kembali sahamnya.

7. Penghematan

Menabung investasi bisa dilakukan oleh siapa saja di Indonesia. Investasi tabungan dapat disebut sebagai investasi keuangan yang paling sederhana, karena pembukaan rekening tabungan dapat dilakukan melalui semua jenis bank dan tidak terbatas.

Selain itu, investasi tabungan tidak memiliki jumlah nominal tertentu yang dapat dilakukan investor sesuai dengan kemampuannya. Jika investor kemudian membutuhkan dana yang disimpan, mereka dapat menarik dana tersebut kapan saja.

Keuntungan dari tabungan

  1. Keuntungan dari tabungan adalah investor dapat menariknya kapan saja dan sesuai kebutuhan.
  2. Tabungan aman karena dana investor disimpan di bank dan bank adalah tempat pengelolaan keuangan yang dipercaya oleh semua orang di Indonesia

Kerugian dari investasi tabungan

  1. Investor tidak mendapatkan terlalu banyak keuntungan karena hanya ada sedikit bunga di bank
  2. Untuk masa depan, tabungan dapat berkurang karena inflasi sangat tinggi

8. Pinjaman Peer-to-Peer (P2P)

Pendaratan Peer-to-Peer (P2P)

Apa itu Pinjaman Peer-to-Peer (P2P)? Percaya pada platform yang menghubungkan pemberi pinjaman dan peminjam untuk meminjam dan meminjam secara online. Saat ini, peer-to-peer (P2P) lending sedang menjadi favorit para pecinta investasi karena imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan reksa dana atau saham.

Ada banyak perusahaan P2P lending berbasis aplikasi di Indonesia, seperti Akseleran, Amartha, Danamas, Vestia, Modalku, dll. Dengan bunga pinjaman yang tinggi, tidak terbayangkan bahwa investasi ini sangat cocok untuk pemula. Namun di balik itu, Anda perlu memahami pro dan kontra dari P2P landing.

Manfaat pendaratan P2P

  1. Pengembalian atau bunga tinggi dalam jangka waktu pinjaman pendek
  2. Dapat dengan mudah berinvestasi dengan aplikasi smartphone
  3. Bisa pilih peminjam sesuka hati

Kontra pendaratan P2P

  1. Tidak jarang terjadi kredit macet yang bisa menimbulkan kerugian
  2. Anda harus memilih peminjam dengan bijak agar uang dapat dilunasi dengan bunga penuh

Selain rekomendasi investasi terbaik di atas, masih banyak lagi yang lainnya. Salah satunya adalah berinvestasi dalam cryptocurrency seperti Bitcoin. Namun, ada banyak risiko yang terkait dengan investasi ini. Karena nilai cryptocurrency bisa tiba-tiba naik turun. Kalaupun turun bisa sangat drastis hingga lebih dari 50%.

Ada banyak orang yang menjadi kaya dan miskin karena berinvestasi dalam cryptocurrency. Yang pasti investasi ini hanya cocok untuk orang yang bermental kuat. Jika Anda hanya bereksperimen, kami sarankan untuk tidak mencobanya. Lebih baik berinvestasi di reksa dana pasar uang yang dijamin aman.

Menurut kami, reksa dana pasar uang adalah investasi terbaik untuk pemula. Yang harus Anda lakukan adalah menabung di reksa dana secara rutin setiap bulan dan menunggu uangnya naik sesuai tujuan. Tingkat bunga tahunan rata-rata adalah sekitar 5-6%, tergantung pada dana investasi yang dipilih.

Nah itulah rekomendasi investasi terbaik yang cocok untuk pemula. Silahkan pilih salah satu jenis investasi yang dianggap paling menguntungkan dan jangan lupa simak berbagai informasi menarik lainnya seputar dunia investment banking di Indonesia.