Pola pikir pengusaha muda yang sukses

Diposting pada

Meningkatnya jumlah wirausahawan muda yang sukses mendorong minat anak muda yang ingin menjadi wirausaha. Namun, menjadi pengusaha sukses tidaklah mudah. Untuk melakukan ini, Anda harus menguasai dan memiliki sikap sukses terhadap wirausahawan muda.

Peran pola pikir yang benar dalam kesuksesan wirausaha diperkuat oleh keyakinan Anthony Robbins, seorang wirausahawan dan salah satu motivator paling sukses di dunia bahwa “80 persen kesuksesan adalah hasil dari psikologi – pola pikir – dan hanya 20 persen disebabkan oleh strategi khusus – langkah-langkah yang diambil untuk mencapai hasil.“.

Pola pikir adalah? Pahami pola pikirnya

Ibarat membangun gedung yang kokoh, penguasaan sebuah konsep membutuhkan fondasi yang kuat.

Menguasai pola pikir wirausahawan muda yang sukses dimulai dengan membangun landasan untuk memahami konsep “pola pikir” yang benar.

Lalu apa artinya pola pikir tersebut? Berdasarkan Kamus Oxford Pola pikir adalah sekumpulan sikap atau gagasan permanen yang dimiliki seseorang yang sulit diubah.

Sementara itu, menurut pendapat ahli, psikolog Carol Dweck, penulisnya Pola Pikir: Psikologi Baru Sukses, Pola pikir adalah persepsi tentang diri sendiri atau “teori diri” yang mereka yakini.

Percaya bahwa Anda “memiliki bakat” atau “tidak memiliki bakat” adalah contoh pola pikir yang sederhana. Kepercayaan berdampak besar pada tindakan, perasaan, dan bakat Anda.

Mengapa mentalitas sukses pengusaha muda penting?

Jika pola pikir itu hanya persepsi atau keyakinan seseorang, lalu mengapa pola pikir itu penting untuk keberhasilan wirausahawan muda? Bukankah banyak orang yang percaya pada kesuksesan tapi gagal untuk mencapainya?

Pentingnya pola pikir untuk sukses terkait erat dengan bagaimana pengusaha sukses bertindak, memandang peristiwa, dan fokus padanya.

Pola pikir wirausahawan tidak hanya tercermin dari keyakinannya bahwa ia akan sukses. Cara berpikir mereka juga tercermin dalam tindakan dan sikap mereka terhadap suatu peristiwa.

Sebagai contoh, Jack Ma sukses dengan mengembangkan grup Alibaba setelah berbagai kesalahan cukup membuat orang lain menyerah berwirausaha.

Namun, dengan sikap wirausahawan bahwa kegagalan adalah pelajaran, dia terus berupaya meningkatkan tindakannya dari pelajaran itu.

Ada banyak sekali alasan mengapa pola pikir pengusaha penting untuk sukses. Selain mendorong tindakan, fokus, dan pertumbuhan, pola pikir wirausaha juga dapat membantu Anda menghilangkan keraguan dan ketakutan yang menahan bisnis Anda.

Apa Sikap Pengusaha Muda yang Berhasil?

Tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Pepatah ini ada benarnya. Hal ini dikarenakan pola pikir seorang pengusaha sukses berbeda dengan pola pikir kebanyakan orang.

Karenanya, jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda perlu mengadopsi pola pikir pengusaha muda yang sukses. Jadi mari kita lihat lebih dekat pola pikir pengusaha muda sukses seperti ini:

1. Jangan takut gagal

Ya, tidak seperti kebanyakan orang yang takut gagal.

Pengusaha sejati memiliki pola pikir yang tidak menakut-nakuti mereka hingga gagal. Mereka menghargai kegagalan. Mereka melihat kegagalan sebagai kesempatan belajar.

Seperti yang pernah dikatakan Thomas Alfa Edison: “Saya belum gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak akan berhasil. “

Hal yang sama dikatakan Drew Houstan, Co-Founder dan CEO Dropbox: “Jangan khawatir tentang kegagalan; kamu hanya harus benar sekali ”.

2. Berorientasi pada tujuan

Apa kesamaan Elon Musk, Bill Gates, Jack Ma, dan pengusaha sukses lainnya?

Mereka masing-masing memiliki misi dalam hidup. Mereka menjaga tujuan yang nyata dan jelas dan mencurahkan waktu mereka untuk tujuan tersebut.

Dengan pemikiran tersebut, salah satu pola pikir pengusaha muda yang sukses adalah berpikir dengan sengaja agar menjadi sukses.

Walt Disney pernah berkata: “Seseorang perlu menetapkan tujuannya sedini mungkin dan menggunakan semua energi dan bakatnya untuk mencapainya. Dengan usaha yang cukup dia akan mencapainya. “

3. Mandiri

Pengusaha tidak berhasil dengan mengikuti orang lain. Pengusaha sukses mencapai kesuksesan mereka dengan membuat keputusan sendiri dan bertindak tanpa arahan dari orang lain.

Berbeda dengan karyawan yang bertindak atas instruksi atasan atau aturan. Pengusaha harus terbiasa bertindak tanpa bimbingan dari orang lain, berusaha menemukan jalannya sendiri.

Seperti yang dikatakan salah satu pendiri Apple, Steve Job, “Jangan biarkan suara opini orang lain menenggelamkan suara hati Anda.”

4. Berorientasi pada pertumbuhan

Pola pikir secara kasar dapat dibagi menjadi dua jenis:

Sebuah. Postur tubuh tetap

b. Filosofi pertumbuhan

Seseorang dengan sikap teguh umumnya melihat dirinya sebagai orang yang tidak berubah dan konstan.

Sementara itu, seseorang dengan filosofi pertumbuhan melihat diri mereka sendiri dinamis, dapat berubah, dan berkembang.

Pola pikir wirausahawan muda yang sukses termasuk dalam kategori kedua, yaitu berorientasi pada pertumbuhan. Pengusaha sukses percaya bahwa mereka dapat berkembang, mempelajari hal-hal baru, dan berubah dengan upaya yang cukup untuk menjadi yang mereka inginkan.

penulis penjualan terbaik dan pengusaha Hal Elrod berkata, “Tingkat kesuksesan Anda jarang melebihi tingkat pertumbuhan pribadi Anda karena kesuksesan adalah sesuatu yang menarik Anda secara pribadi.”

5. Temukan solusi

Berbeda dengan kebanyakan orang yang hanya mengeluhkan satu masalah. Pengusaha sukses melihat masalah dan mencoba menemukan solusi yang baik untuk mereka.

Sebenarnya, inilah inti dari setiap perusahaan yang menawarkan solusi untuk suatu masalah. Toyota, misalnya, membantu orang bergerak dengan kendaraan bermotor, sedangkan Apple menawarkan perkakas yang dibutuhkan untuk berbagai aktivitas.

6. Terbuka dengan Kerjasama

Setiap perusahaan membutuhkan kolaborasi agar berhasil. Lagi pula, tidak ada perusahaan yang dapat dibangun hanya oleh satu pendiri.

Anda membutuhkan dukungan dari tim, pemasok, dan pelanggan Anda untuk menjadi sukses. Bekerja dengan orang yang berbeda berkontribusi pada kesuksesan sebuah perusahaan karena bekerja sama dapat meningkatkan keterampilan bisnis Anda.

Ini terlihat dari cara McD dan berbagai raksasa bisnis lainnya beroperasi. Mereka mengembangkan bisnis mereka dengan memenangkan mitra, membuka rantai pasokan dengan sistem outsourcing dan mengembangkan jaringan mereka bersama.

Oleh karena itu, diperlukan pola pikir kolaboratif dalam pola pikir pengusaha muda yang sukses.

7. Berani mengambil resiko

Berbisnis merupakan aktivitas yang sarat dengan risiko. Anda bisa kehilangan banyak uang, waktu, dan tenaga. Di sisi lain, hasil bisa jauh lebih tinggi daripada karir lain.

Berani mengambil risiko adalah salah satu pola pikir terpenting wirausahawan muda yang sukses. Tanpa sikap berani mengambil resiko, seseorang akan terpaku pada potensi kerugian suatu usaha dan tidak berani memulai usaha.

Jika Anda berani mengambil risiko di sini, bukan berarti Anda tidak mempertimbangkan risiko yang Anda hadapi. Keberanian mengambil risiko di sini didasarkan pada perhitungan yang terukur dan pemikiran yang cermat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *