36 cara mendapatkan BPJS melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI.  membayar

36 cara mendapatkan BPJS melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI. membayar

Diposting pada

Cara Bayar BPJS Menggunakan ATM – Dari tahun ke tahun, teknologi di Indonesia semakin canggih. Munculnya teknologi di Indonesia konon memudahkan kebutuhan manusia.

Salah satu teknologi tercanggih di Indonesia adalah ATM. ATM merupakan perangkat elektronik yang mendukung kinerja bank dan memudahkan nasabah bank.

Fungsi ATM tidak hanya untuk menarik uang, memeriksa saldo, melakukan transfer atau mutasi, tetapi juga dapat digunakan untuk membayar tagihan. Salah satu fungsi ATM sebagai alat pembayaran adalah untuk membayar tagihan jaminan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

BPJS saat ini bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia dengan tujuan untuk memudahkan peserta membayar iuran bulanannya. Peserta yang tidak membayar iuran secara berkala atau terlambat setelah tanggal 10 akan dinyatakan terlambat satu bulan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, BPJS telah menyediakan metode pembayaran melalui ATM.

Nama bank yang dapat digunakan untuk membayar BPJS

Cara Bayar BPJS Kesehatan VIA ATM

Namun, dari sekian banyak bank di Indonesia, tidak semua bank bisa dibuat untuk membayar iuran BPJS melalui ATM. Perusahaan BPJS hanya bekerja sama dengan beberapa bank, antara lain BRI, BNI, dan Mandiri.

Nah ketiga bank di atas merupakan jenis bank yang bisa Anda lakukan untuk membayar iuran BPJS. Kunjungi cabang bank atau ATM.

Perhatikan nominal pembayaran

Saat melakukan pembayaran BPJS melalui ATM di ketiga jenis bank tersebut, Anda harus selalu memperhatikan saldo ATM. Jangan sampai Anda ke ATM, tapi dana Anda tidak cukup untuk membayar iuran BPJS.

Jumlah nominal yang harus Anda bayarkan ke perusahaan BPJS adalah sejumlah sesuatu dengan kelas yang Anda pilih pada saat pendaftaran sebelumnya. BPJS memiliki 3 kelas yang dapat dipilih, ketiga kelas tersebut memiliki besaran tagihan yang berbeda.

Untuk Kelas I, Anda harus membayar nilai nominal Rp 160.000. Jika Anda memilih Kelas II nilai nominal yang harus dibayar adalah Rp 110.000 dan untuk Kelas III Rp 42.000.

Cara bayar BPJS melalui ATM

Petunjuk cara bayar BPJS menggunakan ATM
Petunjuk cara pembayaran BPJS menggunakan ATM

Jika Anda ingin membayar BPJS melalui ATM, Anda memerlukan kode pembayaran. Kode pembayaran BPJS melalui ATM BRI adalah 8888, ATM Mandiri 89888, dan ATM BNI, yaitu 8888.

Selanjutnya, nomor perutean bank sebelumnya harus ditambahkan ke nomor rekening virtual 11 digit. 11 digit nomor virtual account tersebut adalah nomor BPJS Anda yang tertera pada kartu BPJS. Contoh: 8888812345678901

Untuk pemahaman yang jelas dan detail tentang cara pembayaran BPJS melalui ATM Mandiri, ATM BRI, atau ATM BNI silahkan baca informasinya viralorchard.com pengikut.

1. Cara Bayar BPJS Menggunakan ATM BRI

  1. Datang ke outlet ATM BRI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM ke dalam ATM
  3. Pilih bahasa Indonesia agar kamu mengerti beberapa petunjuk selanjutnya
  4. Masukkan PIN ATM, yaitu 6 digit angka
  5. Pilih menu “Transaksi Tunai” atau “Paket Tunai”
  6. Kemudian pilih menu “Transaksi Lainnya”
  7. Pilih menu “Pembayaran”
  8. Pada halaman ini akan ditampilkan beberapa menu dan mencari menu “BPJS”. Untuk mendapatkan menu BPJS, silahkan pilih menu “Lainnya”
  9. Saat menu BPJS sudah ditemukan, pilih menu tersebut dan lanjutkan hingga menemukan menu BPJS Kesehatan
  10. Masukkan kode pembayaran (88888) dan lanjutkan ke 11 digit nomor virtual account (nomor BPJS di kartu BPJS).
  11. Nama peserta BPJS ditampilkan dan memverifikasi kesesuaian data
  12. Masukkan nominal yang harus Anda bayarkan sesuai dengan tingkatan grade BPJS Anda

2. Cara pembayaran BPJS menggunakan ATM Mandiri

  1. Datang ke outlet ATM Mandiri terdekat
  2. Masukkan kartu ATM Anda
  3. Pilih bahasa dan masukkan PIN ATM Anda
  4. Pilih menu “Bayar” atau “Beli”
  5. Kemudian pilih menu “Lainnya”
  6. Pilih menu “BPJS”
  7. Pilih menu sesuai yang Anda ikuti yaitu “BPJS Kesehatan” atau “BPJS Ketenagakerjaan”
  8. Selanjutnya pilih menu “Perorangan” untuk membayar secara individu, atau pilih “Perusahaan” jika ingin membayar karyawan
  9. Masukkan kode pembayaran bank Mandiri yaitu 89888 dan lanjutkan ke 11 digit nomor virtual account pada kartu BPJS. Kemudian pilih menu Benar.
  10. Masukkan jumlah bulan yang ingin Anda bayar. Kalau mau bayar 1 bulan, pilih 1 dan bayar 2 bulan, lalu pilih 2, lalu pilih menu True
  11. Akan muncul konfirmasi pembayaran di layar ATM, sebelum konfirmasi dengan menu “Yes” silahkan tekan nomor 1 terlebih dahulu
  12. Pembayaran BPJS melalui ATM Mandiri berhasil

3. Cara pembayaran BPJS menggunakan ATM BNI

  1. Datang ke ATM BNI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM BNI
  3. Pilih bahasa Indonesia
  4. Silakan masukkan PIN ATM Anda, yang terdiri dari 6 digit angka
  5. Pilih menu “Lainnya” dan lanjutkan ke menu “Pembayaran”
  6. Pilih menu Pembayaran atau Pembelian Lainnya
  7. Kemudian pilih menu “Asuransi” dan dilanjutkan dengan memilih menu “BPJS Kesehatan”
  8. Silakan masukkan kode pembayaran (88888) dan lanjutkan dengan 11 digit nomor virtual account di kartu BPJS Anda
  9. Masukkan jumlah bulan yang ingin Anda bayar. Jika Anda memilih 1, tekan satu dan seterusnya
  10. Halaman konfirmasi akan ditampilkan. Jika halaman konfirmasi yang Anda inginkan, pilih menu “Ya”
  11. Pilih jenis rekening, silahkan pilih “Rekening Tabungan”
  12. Transaksi selesai

Ternyata bayar BPJS lewat ATM sangat mudah. Selain mudah, tentunya lebih cepat dan tidak memakan banyak waktu. Jadi tunggu apa lagi, segera bayar iuran BPJS melalui ATM bank BRI, Mandiri atau BNI.

Seperti yang bisa Anda lihat pada artikel di atas, pembayaran BPJS melalui ATM sangat mudah. Anda dapat memilih antara ATM BRI, Mandiri atau BNI. Mungkin saat ini ada beberapa lainnya yang saat ini menawarkan layanan pembayaran BPJS melalui ATM. Namun, jika Anda mencari cara termudah untuk membayar BPJS melalui ATM paling sederhana, kami sarankan untuk membayar melalui ATM BRI, ATM BNI, dan ATM Mandiri.