27 cara bayar listrik lewat ATM BNI: Pascabayar & Prabayar

27 cara bayar listrik lewat ATM BNI: Pascabayar & Prabayar

Diposting pada

Cara bayar listrik menggunakan ATM BNI – Segala macam kegiatan telah difasilitasi dengan layanan perbankan. Saat ini, bank tersebut telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia, baik BUMN maupun swasta.

Kerjasama antara bank dan perusahaan harus memudahkan nasabah atau nasabahnya. Salah satu kerjasama yang sangat membantu pengguna adalah antara PLN dan Bank BNI.

PLN bekerjasama dengan Bank BNI dengan tujuan untuk memudahkan pengguna listrik dan pelanggan BNI dalam membayar tagihan listrik setiap bulannya. Bank BNI telah menyediakan sistem pembayaran melalui ATM BNI, hal ini sangat membantu pengguna listrik.

Pengguna listrik tidak lagi harus membayar dan mengantri listrik jauh, namun hanya dapat melakukan pembayaran listrik dengan mengunjungi ATM BNI yang tersebar di seluruh Indonesia. Cara ini juga dilakukan PLN guna mengurangi keterlambatan pembayaran tagihan listrik.

Ada dua jenis tagihan utilitas yang dapat dibayarkan melalui ATM BNI, yaitu pascabayar dan prabayar. Keduanya memiliki sistem yang berbeda. Hal yang sama berlaku untuk metode pembayaran. Untuk mengetahui cara bayar listrik menggunakan ATM BNI silahkan baca informasinya viralorchard.com di bawah.

1. Tagihan listrik pasca bayar

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan tagihan listrik pascabayar, terutama untuk pelanggan lama PLN. Sementara itu, pelanggan baru rata-rata sudah beralih ke listrik prabayar. Kedua jenis tagihan listrik PLN ini berbeda.

Karena dengan akun pascabayar Anda harus melunasi bulanan sesuai dengan jumlah kWh yang dikonsumsi. Untuk listrik prabayar harus membeli token listrik dengan besaran kwh sesuai nominal token.

Pelanggan listrik pascabayar harus membayar tagihan bulanan. Jika Anda terlambat Anda dapat didenda dan yang terburuk, listrik dapat ditarik. Jika Anda tidak ingin mengalami hal ini, sebaiknya Anda membayar tagihan listrik tepat waktu.

Nah, salah satu cara bayar listrik pascabayar adalah melalui ATM BNI. Bagi yang belum tahu caranya silahkan baca informasi pembayaran listrik menggunakan ATM BNI berikut ini.

  1. Silahkan datang ke ATM BNI terdekat dengan tempat tinggal Anda.
  2. Silahkan masukkan kartu ATM BNI ke dalam ATM
  3. Masukkan PIN ATM BNI Anda yang terdiri dari 6 digit. Jika PIN ATM benar, pilih menu “Benar”
  4. Anda akan disuguhkan beberapa menu yang bisa dipilih di layar ATM. Untuk membayar tagihan listrik, pilih menu “pembayaran“, lalu pilih menu”Listrik / gas
  5. Pada menu pembayaran PLN akan disajikan beberapa menu yaitu “Faktur PLN” dan “PLN Prabayar”.
  6. Silahkan pilih menu”tagihan PLN
  7. Informasi biaya pengelolaan pembayaran PLN melalui ATM BNI kemudian ditampilkan. Dimana biayanya? Rp 3.000. Kemudian klik Berikutnya
  8. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan 12 digit nomor pelanggan dan tekan “Ya”. Pastikan Anda mengisi nomor pelanggan, jangan takut tersesat di nomor pelanggan orang lain
  9. Jumlah tagihan yang harus dibayar dan biaya administrasi tambahan ditampilkan di layar ATM. Silakan cek terlebih dahulu apakah tagihan listrik sesuai dengan pemakaian saat Anda sudah memilih menu “Bayar”.
  10. Tunggu beberapa saat hingga proses transaksi berhasil.
  11. Jika transaksi berhasil, akan muncul struk dari ATM sebagai bukti bahwa Anda telah berhasil membayar tagihan listrik.
  12. Simpan tanda terima sebagai bukti pembayaran yang sah jika terjadi masalah pembayaran di masa mendatang.
  13. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM BNI Anda.

Seperti, sangat sederhana bukan cara bayar listrik melalui ATM BNI. Pastikan nomor pelanggan yang dimasukkan sudah benar agar proses pembayaran dapat dilakukan. Jika tidak, pembayaran akan gagal.

2. Token listrik prabayar

Cara bayar tagihan listrik di ATM BNI

Selain listrik pascabayar, kita juga bisa membayar listrik prabayar melalui ATM BNI. Namun, tidak ada tagihan listrik yang dibayarkan, melainkan token listrik dengan nomor 20 digit.

Pembayaran listrik melalui ATM BNI untuk rekening prabayar sangat mudah. Anda memiliki pilihan untuk memilih nominal token saat ini, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 1.000.000. Mengenai proses pembayaran, silahkan simak cara pembayaran listrik menggunakan ATM BNI berikut ini.

  1. Dapatkan ke ATM BNI terdekat dari tempat tinggal Anda
  2. Setibanya di ATM BNI, silahkan masukkan kartu ATM BNI ke dalam mesin
  3. Masukkan PIN ATM BNI berupa 6 digit angka, lalu pilih menu True
  4. Pilih menu”pembayaran”Terdapat pada layar ATM BNI, lalu pilih menu“Listrik / gas
  5. Selanjutnya layar ATM akan menampilkan beberapa menu yaitu “Tagihan PLN” dan “PLN Prabayar”. Pilih menu”PLN Prabayar
  6. Silakan masukkan nomor pelanggan yang terdiri dari 12 digit nomor. Hati-hati saat menekan tombol karena takut salah masuk
  7. Anda kemudian akan diminta untuk memilih jumlah nominal token listrik yang akan dibeli. Nominalnya Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 500.000, sampai dengan Rp 10.000.000.
  8. Silakan pilih jumlah nominal pembelian token sesuai kebutuhan dan konsumsi daya di rumah Anda
  9. Setelah Anda memilih nilai nominal token, pilih menu Bayar. Ada biaya administrasi sebesar. pada Rp 3.000
  10. Pastikan nama yang tertera di ATM adalah nama pemilik rekening listrik. Jika namanya berbeda, kami yakin Anda salah memasukkan nomor pelanggan
  11. Jika proses pembelian listrik merk listrik berhasil maka dikeluarkan struk sebagai bukti pembelian dan di dalam struk tersebut terdapat kode unik 20 digit yang harus dimasukkan ke dalam meteran listrik di tempat Anda.
  12. Setelah selesai membeli token, jangan lupa untuk membawa kartu ATM di ATM BNI.
  13. Silakan kembali ke tempat tinggal Anda dan masukkan 20 digit nomor pembelian token pada meteran Anda. Setelah Anda memasukkan nomor pembelian, tekan tombol merah di bawah angka 9.
  14. Tulisan “Benar” akan muncul di meteran listrik Anda dan kWh listrik akan otomatis bertambah.

Perlu Anda ketahui, tidak semua ATM BNI memiliki tampilan menu yang sama. Mungkin akan ada sedikit perbedaan. Tapi intinya cara bayar listrik melalui ATM BNI sama saja. Yang terpenting kamu masuk ke menu pembayaran lalu pilih Stream. Selanjutnya tinggal tentukan mau bayar tagihan listrik pasca bayar atau tagihan listrik prabayar (token).

FAQ Listrik melalui ATM BNI. membayar

Padahal, bayar tagihan listrik di ATM BNI tidak jauh berbeda Listrik melalui ATM BRI. membayar dan ATM BCA. Karena menu yang ditampilkan hampir sama. Jadi jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang pembayaran listrik menggunakan ATM BNI, silakan baca FAQ di bawah ini.

Berapa biaya administrasi pembayaran listrik melalui ATM BNI?

Dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk akun pascabayar

Apakah tagihan listrik langsung dibayarkan?

Nah, tagihan listrik langsung dibayarkan setelah membayar melalui ATM BNI

Apakah saya bisa membeli token listrik di ATM BNI?

sangat mungkin

Berapa biaya administrasi pembelian token listrik di ATM BNI?

Biaya administrasi sama dengan rekening pascabayar, Rp 3.000

Apa token arus nominal terkecil?

Nilai nominal terendah adalah Rp 20.000. Sedangkan nominal terbesar bisa mencapai Rp. 10.000.000 atau bahkan lebih

Nah, itulah informasi cara bayar listrik melalui ATM BNI. Silakan coba sendiri ATM BNI terdekat. Baca juga informasi sebelumnya di viralorchard.com tentang Cara Transfer GoPay ke Bank Mandiri dan berbagai informasi menarik lainnya.