Cara Ganti PIN ATM BRI

20 Cara Ganti PIN ATM BRI di ATM dan Melalui Bank

Diposting pada

Cara Ganti PIN ATM BRI – Memiliki rekening bank merupakan hal yang lumrah di masyarakat Indonesia. Saat ini, pemegang rekening bank tidak hanya menerima buku tabungan, tetapi nasabah menerima kartu ATM.

Bank BRI merupakan salah satu bank pemerintah Indonesia yang membutuhkan kartu ATM dari nasabahnya. Bank BRI menyediakan layanan kartu ATM dengan tujuan untuk mempermudah transaksi ATM bagi nasabah.

cara mengganti pin atm BRI

Untuk melakukan transaksi melalui kartu ATM, PIN rahasia dilindungi untuk menjamin keamanan akses ke tabungan Anda. Saat Anda membuka ATM, Anda biasanya akan diberikan PIN ATM dan Anda perlu mengganti PIN ATM Anda secara berkala.

Perubahan PIN dimaksudkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan kartu ATM oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya itu, bagi nasabah yang kesulitan mengingat atau lupa PIN ATM, mereka harus mengganti PIN terlebih dahulu untuk menyelesaikan transaksi.

Ada beberapa cara untuk mengganti PIN ATM BRI Anda. Cara pertama adalah melalui ATM BRI. Cara ini dipilih bagi Anda yang ingin mengganti PIN ATM secara berkala. Cara kedua adalah melalui cabang bank BRI terdekat.

Bagi nasabah yang lupa PIN ATM atau yang PIN-nya terblokir, penggantian PIN ATM dapat dilakukan di cabang. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara melakukannya, silakan baca informasinya viralorchard.com pengikut.

Cara Ganti PIN ATM BRI via ATM

Sebelum mengganti PIN ATM, sebaiknya Anda membuat PIN ATM BRI baru berupa enam digit angka. Saat mengganti PIN ATM, usahakan menggunakan angka yang sulit ditebak dan jangan gunakan tanggal lahir Anda.

Langkah-langkah untuk mengubah PIN ATM BRI adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan kunjungi lokasi ATM BRI terdekat
  2. Silakan masukkan kartu debit ke dalam slot kartu yang tersedia di bawah layar
  3. Kemudian pilih bahasa menu ATM. Silahkan pilih Bahasa Indonesia untuk mempermudah proses ganti PIN ATM BRICara Ganti PIN ATM BRI
  4. Silakan masukkan PIN mesin enam digit lama atau, untuk pelanggan baru, PIN mesin yang disediakan oleh bank. Berhati-hatilah untuk tidak salah memasukkan PIN ATM tiga kali berturut-turut, karena sistem kartu ATM akan secara otomatis memblokir kartu ATM Anda
  5. Anda akan disuguhkan dengan beberapa pilihan menu. Untuk mengubah PIN ATM Anda, pilih “Menu yang berbeda
  6. Kemudian lanjutkan dengan memilih “ganti PINCara Ganti PIN ATM BRI
  7. Selanjutnya silahkan masukkan PIN lama anda yang terdiri dari enam digit. Jika demikian, dapat dilanjutkan dengan memilih “Benar
  8. Selanjutnya akan muncul instruksi untuk membuat PIN ATM baru. Harap buat PIN 6 digit baru seperti yang diminta.
  9. Kemudian masukkan kembali PIN ATM 6 digit yang baru untuk konfirmasi pembuatan PIN ATM BRI yang baru
  10. Harap tunggu hingga ATM memproses permintaan transaksi Anda.
  11. Jika permintaan ganti PIN berhasil, layar ATM akan menampilkan informasi bahwa transaksi berhasil. Anda dapat melanjutkan transaksi dengan memilih Yes atau No untuk mengakhiri transaksi.
  12. Selain itu, printer mengeluarkan struk berupa konfirmasi perubahan PIN ATM.
  13. Setelah menyelesaikan transaksi, jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM sebelum keluar dari ATM.

Seperti yang Anda lihat di atas, mengubah PIN ATM BRI Anda di ATM sangat sederhana. Tapi yang paling penting adalah menjaga kerahasiaan PIN yang baru dibuat. Sebaiknya pilih nomor PIN secara acak agar orang lain tidak mengetahuinya.

baca juga Cara Aktivasi Kartu ATM BRI via Brimo dan BRI Mobile

Cara mengganti PIN ATM BRI yang lupa

Nasabah Bank BRI yang lupa atau terblokir PIN ATMnya dapat mengganti PIN di cabang Bank BRI terdekat dengan membawa persyaratan berupa KTP, Buku Tabungan dan Kartu ATM.

Nah, untuk mengetahui cara ganti PIN ATM BRI di Cabang, silahkan baca berikut ini.

  1. Silakan kunjungi cabang bank BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang diperlukan
  2. Setibanya di cabang, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju ke customer service. Anda bisa meminta bantuan security bank jika bingung mengambil nomor antrian
  3. Harap tunggu sementara nomor antrian Anda dipanggil.
  4. Jika nomor antrian Anda sudah terpanggil, silakan datang ke customer service representative dan beritahu tujuan Anda, yaitu mengganti PIN ATM karena lupa atau terblokir.
  5. Harap berikan beberapa persyaratan kepada pengelola akun berupa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM
  6. Customer Service akan memproses permintaan Anda dengan mengatur ulang nomor PIN ATM Anda. Ketika proses selesai, perwakilan layanan pelanggan akan meminta Anda untuk PIN ATM baru
  7. Selalu ingat PIN ATM yang Anda buat agar tidak terblokir karena kesalahan entri PIN saat melakukan transaksi di ATM BRI.

Ketahuilah bahwa jika Anda salah memasukkan PIN ATM BRI sebanyak tiga kali di ATM, PIN Anda akan diblokir.

Kesimpulan

Setelah berhasil mengganti PIN ATM BRI yang terlupa di cabang BRI, kami sarankan untuk mengganti PIN secara berkala dan berkala untuk menjaga keamanan rekening.

Silakan ganti PIN secara berkala di ATM BRI terdekat. Jangan lupa untuk merahasiakan PIN Anda dan pilih PIN yang sulit ditebak orang lain. Jadi jika Anda masih memiliki pertanyaan, silakan baca halaman FAQ di bawah ini.

Apakah ada biaya untuk mengganti PIN ATM BRI?

Proses ganti PIN 100% gratis, jadi Anda tidak perlu khawatir saldo akun Anda akan turun.

Apakah saya bisa mengganti PIN ATM BRI di handphone saya?

Saat ini proses ganti PIN ATM BRI hanya dapat dilakukan di ATM atau cabang.

Mengapa PIN ATM perlu diubah?

Ini diperlukan untuk menjaga keamanan akun.

Mengapa PIN ATM yang telah diubah tidak dapat digunakan?

Anda mungkin lupa PIN yang Anda buat. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan datang ke cabang BRI terdekat dan mintalah penggantian PIN yang terlupa.

Apa saja syarat untuk mengganti PIN ATM BRI yang terlupa?

Harap membawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM ke cabang BRI terdekat

Demikian informasi singkat tentang Cara Ganti PIN ATM BRI. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi nasabah Bank BRI yang lupa PIN atau hanya ingin mengganti PIN ATM secara berkala. Lihat juga informasi sebelumnya cara daftar BRI Internet Banking di ATM: syarat dan petunjuk aktivasi dan berbagai artikel menarik lainnya.