19 Cara Ganti PIN ATM BCA yang terlupa dan terblokir

Diposting pada

cara ganti PIN ATM BCA Tips aman bertransaksi di ATM BCA adalah dengan mengganti PIN ATM secara berkala. Lalu bagaimana cara mengganti PIN ATM BCA? Caranya sangat mudah, Anda bisa menggantinya di cabang ATM terdekat atau datang langsung ke cabang BCA.

cara ganti PIN ATM BCA

Mengapa saya perlu mengganti PIN ATM BCA saya secara berkala? Tujuannya adalah untuk menjaga kerahasiaan PIN. Pencurian rekening banyak terjadi akibat kelalaian nasabah Bank BCA yang sengaja atau tidak sengaja membagikan PIN ATM kepada orang lain.

Hanya pemegang rekening yang dapat mengetahui PIN ATM. Jika diketahui orang lain, dapat mengakibatkan pencurian akun. Tentu Anda tidak menginginkan itu. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk merahasiakan PIN Anda dengan mengganti PIN secara berkala minimal 3 bulan sekali.

Jika ingin tahu cara ganti PIN ATM BCA di ATM atau cabang silahkan simak informasi yang dirangkum penerbit diariparlem.com

Cara Ganti PIN di ATM BCA

Jika tidak sempat ke cabang, lebih baik ganti PIN ATM BCA melalui ATM. Metodenya sangat sederhana dan cepat. Yang paling penting adalah Anda tahu PIN mesin lama. Jika ternyata Anda lupa PIN, Anda tidak akan bisa mengganti PIN di ATM BCA.

Bagi yang lupa PIN, sebaiknya ganti PIN di kantor. Hal ini juga berlaku bagi nasabah Bank BCA yang mengalami PIN lock di ATM. Ketahuilah bahwa PIN ATM dapat diblokir jika Anda salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut.

Jika Anda mengganti PIN ATM BCA di ATM, sebaiknya Anda mengingat PIN yang telah Anda buat. Jika Anda lupa, tidak ada salahnya menuliskan PIN baru. Nah, untuk mengetahui cara mengganti PIN ATM BCA melalui ATM, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Silakan datang ATM BCA terdekat dengan membawa kartu debit BCA
  2. Saat Anda tiba di tempat penjualan ATM BCA, harap masukkan kartu debit dengan posisi yang benar ke dalam slot kartu. Nasabah BCA dapat mengikuti tutorial cara memasukkan kartu ATM di bawah slot kartu berupa gambar stiker
  3. Anda akan diminta untuk memilih bahasa transaksi. Silakan pilih bahasa Indonesia untuk memudahkan transaksi bagi pelanggan
  4. Silahkan masukkan PIN ATM lama Anda yang masih aktif.
  5. Ada beberapa pilihan menu transaksi. Untuk mengubah PIN ATM BCA pilih menu “Transaksi LainnyaCara Ganti PIN ATM BCA
  6. Kemudian lanjutkan dengan memilih “ganti PINCara Ganti PIN ATM BCA
  7. Silakan masukkan enam digit nomor PIN lama yang sedang digunakan.
  8. Selanjutnya silahkan masukkan PIN ATM enam digit yang baru. Pastikan hanya kamu yang tahu
  9. Kemudian konfirmasi perubahan PIN ATM BCA dengan memasukkan kembali PIN ATM yang baru.
  10. Harap tunggu beberapa saat untuk proses perubahan PIN. Jika berhasil akan muncul notifikasi di layar monitor ATM berupa tulisan “PIN Anda telah diubah demi keamanan, hindari menggunakan PIN lama lagi”.
  11. Terakhir, silahkan pilih menu “Tidak” jika Anda tidak ingin melakukan transaksi lagi dan menu “YA” jika Anda ingin melakukan transaksi lain.
  12. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM sebelum keluar dari ATM untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah PIN berhasil diubah, PIN lama tidak berlaku lagi dan Anda harus menggunakan PIN baru untuk transaksi di ATM. Juga, jangan lupa untuk merahasiakan PIN Anda setiap saat dan ingat dengan hati-hati PIN yang Anda buat. Bagaimana jika Anda lupa?

Cara ganti PIN ATM karena lupa atau blokir PIN

Banyak nasabah Bank BCA yang mengalami masalah lupa PIN atau pemblokiran PIN ATM karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Untuk mengatasi masalah ini Anda perlu mengubah PIN ATM. Namun, penggantian PIN yang terlupa atau terblokir tidak dapat dilakukan melalui ATM BCA.

Perubahan PIN ATM BCA yang terlupa dan terblokir hanya dapat dilakukan melalui cabang BCA terdekat. Nantinya perubahan PIN akan didukung oleh perwakilan layanan pelanggan. Namun sebelum itu silahkan terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan.

Syaratnya sangat sederhana karena cukup membawa Buku tabungan, kartu ATM dan kartu identitas. Bagaimana cara kerja perubahan PIN di cabang? Untuk mengetahuinya silahkan simak informasinya dibawah ini.

  1. Silakan kunjungi cabang bank BCA terdekat dengan membawa beberapa persyaratan di atas
  2. Setibanya di kantor BCA, silakan gunakan nomor antrian untuk menuju ke customer service di mesin antrian. Nasabah dapat meminta bantuan satpam bank jika kesulitan mengambil nomor antrian
  3. Harap tunggu sementara nomor antrian Anda dipanggil
  4. Setelah nomor antrian dipanggil, silakan pergi ke perwakilan layanan pelanggan dan beri tahu mereka tujuan Anda yaitu mengubah PIN ATM karena telah diblokir atau dilupakan
  5. Petugas Layanan Pelanggan akan memproses permintaan Anda dan mohon sampaikan beberapa persyaratan ini kepada petugas CS
  6. Perwakilan layanan pelanggan akan mereset PIN ATM lama Anda. Kemudian Anda akan diminta untuk membuat PIN baru sebanyak dua kali untuk proses verifikasi
  7. Saat customer service membuatkan PIN ATM baru, didukung oleh perangkat EDC Bank BCA.

Kesimpulan

Demikian informasi Cara Ganti PIN ATM BCA Melalui ATM dan Cabang. Jangan pernah memberikan PIN Anda kepada orang lain, termasuk karyawan Bank BCA. Hal ini diperlukan untuk menjaga kerahasiaan PIN ATM agar transaksi dapat dilakukan dengan aman.

Jika Anda kesulitan mengubah PIN, jangan ragu untuk menghubungi Halo BCA di 1500888 atau email halobca@bca.co.id. Jadi jika Anda masih memiliki pertanyaan, silakan baca halaman FAQ di bawah ini.

Apakah ada biaya untuk mengganti PIN ATM BCA yang lupa?

Tidak, proses ganti PIN benar-benar gratis

Apakah mungkin untuk mengubah PIN ATM BCA melalui ponsel?

Perubahan PIN kartu ATM hanya dapat dilakukan melalui ATM BCA atau cabang. Anda tidak dapat mengubah PIN menggunakan fitur m-BCA pada aplikasi BCA mobile di ponsel Anda.

Mengapa Anda harus mengubah PIN ATM Anda?

Tujuannya untuk menjaga kerahasiaan PIN dan meningkatkan keamanan bertransaksi di ATM BCA

Apa saja syarat untuk mengganti PIN di cabang?

Cukup bawa buku tabungan, kartu ATM dan KTP

Cukup informasi pada kesempatan tersebut di viralorchard.com. Lihat juga artikel sebelumnya tentang “ Cara Buka Blokir ATM BCA Tanpa Ke Bank dan berbagai informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.