Cara Daftar BRI Internet Banking

18 cara daftar BRI Internet Banking di ATM: syarat dan petunjuk aktivasi

Diposting pada

Cara Daftar BRI Internet Banking – Kebutuhan akan internet banking dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hal ini dikarenakan perkembangan zaman yang semakin modern.

Di era modern ini, segala sesuatunya dipermudah dengan perkembangan teknologi. Semua teknologi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, salah satunya adalah teknologi transaksi.

cara registrasi bri internet banking

Adanya internet banking sangat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Semua jenis transaksi dapat dilakukan di mana saja tanpa harus pergi ke cabang bank atau ATM.

Hampir semua jenis bank di Indonesia telah menerapkan layanan internet banking bagi nasabahnya, termasuk bank BRI. Bank BRI menawarkan layanan internet banking dengan tujuan untuk memudahkan dan menjamin keamanan nasabah dalam bertransaksi.

Hebatnya internet banking BRI adalah bahwa bank menawarkan layanan pelanggan yang tersedia untuk pelanggan 24/7. Layanan pelanggan sangat membantu pelanggan untuk menghadapi semua rintangan transaksi.

Untuk mulai menggunakan layanan internet banking BRI caranya cukup mudah, nasabah hanya perlu melakukan registrasi. Cara daftar internet banking BRI bisa dilihat di informasi  diariparlem.com pengikut.

Persyaratan Internet Banking BRI

Sebelum Anda mendaftar internet banking BRI, ada beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui yang diperlukan agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar. Persyaratan pendaftaran perbankan online adalah sebagai berikut:

  1. Sudah menjadi nasabah bank BRI
  2. Membawa Buku Rekening BRI atau Buku Tabungan
  3. Bawa ID pribadi seperti KTP, SIM, Paspor dan KIMS
  4. Memiliki nomor handphone aktif dan operator yang bekerja sama dengan bank BRI seperti Indosat, Telkomsel, XL, Three, Telkom Flexi, Bakrie Telecom
  5. Memiliki alamat email yang aktif
  6. Mengisi formulir aplikasi online banking di cabang bank BRI.

Persyaratan pendaftaran BRI Internet Banking di atas merupakan persyaratan yang perlu Anda persiapkan saat melakukan pendaftaran BRI Internet Banking di ATM dan aktivasi di cabang. Meski prosesnya cukup rumit, namun menurut kami mendaftar internet banking BRI tidak terlalu sulit.

Cara Daftar BRI Internet Banking di ATM

Cara Daftar BRI Internet Banking di ATM

Setelah mengumpulkan persyaratan Registrasi Internet Banking BRI, kemudian dilanjutkan dengan proses registrasi awal untuk membuat password internet banking BRI. Proses pendaftaran sangat sederhana, Anda hanya perlu pergi ke ATM BRI terdekat dan ikuti setiap langkah untuk mendaftar internet banking BRI yang kami jelaskan di bawah ini.

  1. Silahkan cari dan kunjungi lokasi ATM BRI terdekat.ATM BRI
  2. Setelah menemukan soket ATM BRI, masukkan kartu ATM BRI dengan benar ke dalam slot perangkat. Jangan gunakan tenaga jika kartu ATM tidak masuk ke dalam slot karena dapat merusak kartu. Stiker di atas slot menunjukkan contoh cara memasukkan kartu ATM dengan benar.Memasukkan kartu ATM
  3. Anda akan diminta untuk memilih salah satu bahasa yang ditampilkan di monitor. Terdapat dua pilihan bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, untuk memudahkan proses registrasi internet banking BRI pilihlah bahasa Indonesia. Namun, pengguna yang mengerti dan mengerti bahasa Inggris dapat menggunakan bahasa ini.Cara Daftar BRI Internet Banking
  4. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan 6 digit PIN ATM pada pinpad di bawah monitor. Pastikan Anda tidak salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali karena sistem akan secara otomatis mengunci ATM Anda untuk menghindari segala bentuk kejahatan.
  5. Monitor menampilkan beberapa opsi. Untuk Pilihan Registrasi Internet Banking BRI, pilih menuMenu yang berbeda“.Daftar ke BRI Internet Banking
  6. Pada langkah ketujuh, silahkan pilih menu “Pendaftaran Informasi lebih lanjutuntuk proses pendaftaran.Registrasi BRI Internet Banking di ATM
  7. Kemudian pilih menu”Perbankan online“.Bagaimana cara melakukan internet banking Bank BRI
  8. Selanjutnya, pelanggan diminta untuk memasukkan PENA dua kali, yang digunakan sebagai password internet banking.Pin internet banking BRI
  9. Muncul pemberitahuan yang mengatakan “Pendaftaran internet banking berhasil.” Setelah menerima pemberitahuan pendaftaran berhasil, monitor menampilkan ID pengguna yang digunakan untuk masuk.
  10. Proses registrasi selesai, struk dengan user ID dikeluarkan melalui print slot.
  11. Sebelum keluar dari ATM BRI, jangan lupa untuk membawa kartu ATM Anda.ambil kartu debit

Seperti yang Anda lihat di atas, mendaftar internet banking BRI di ATM sangat sederhana. Namun pendaftaran BRI Internet Banking di atas hanyalah pendaftaran awal untuk membuat password yang akan digunakan untuk login ke BRI Internet Banking. Selanjutnya, Anda perlu mengaktifkan mTOKEN untuk menggunakan layanan ini.

Cara mengaktifkan BRI Internet Banking

Cara Aktivasi BRI Internet Banking di Cabang

Bahkan, layanan internet banking BRI dapat digunakan setelah melakukan registrasi di ATM. Namun hanya terbatas pada transaksi non finansial seperti pengecekan saldo rekening tabungan dan mutasi rekening giro.

Jadi agar bisa digunakan untuk transfer dan transaksi lainnya, mTOKEN perlu diaktifkan. Sayangnya, proses aktivasi mTOKEN hanya dapat dilakukan di kantor BRI terdekat. Caranya, lihat di bawah.

  1. Datang ke cabang bank BRI terdekat dengan beberapa persyaratan registrasi internet banking BRI
  2. Masukkan nomor antrian dan bawa ke customer service. Jika nasabah bingung, minta bantuan security cabang bank BRI
  3. Harap tunggu dalam antrean
  4. Jika nomor antrian dipanggil, silakan hubungi layanan pelanggan.
  5. Informasikan kepada petugas CS bahwa Anda ingin melakukan aktivasi BRI Internet Banking
  6. Kemudian petugas akan memberikan formulir aplikasi yang perlu diisi dan ditandatangani
  7. Silahkan isi semua form yang disediakan dan petugas CS akan memproses aktivasi sampai berhasil.

Cara menggunakan internet banking BRI

internet banking BRI

Setelah aktivasi mTOKEN di cabang BRI dapat langsung digunakan untuk transaksi. Lalu bagaimana? Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka situs BRI Internet Banking dengan mengaksesnya ib.bri.co.id/ib-bri.

Silahkan login menggunakan user ID dan password yang Anda terima saat mendaftar Internet Banking BRI di ATM dan cabang. Kemudian masukkan kode validasi dan klik Enter. Setelah itu kita bisa menikmati semua fitur yang tersedia. Untuk mengetahui apa saja fungsinya lihat di bawah ini.

  1. Cek informasi saldo tabungan, deposito, dan dana pensiun dari lembaga keuangan
  2. buat perubahan akun
  3. Lakukan transfer antar BRI dengan antar bank serta RTGS
  4. Lakukan beberapa pembayaran tagihan seperti listrik, telepon, kartu kredit
  5. Beli pulsa dan uang elektronik
  6. Berkomunikasi dengan Agen Customer Service BRI tanpa batas waktu hingga 24 jam melalui Mailbox Internet Banking.

Sebagai catatan, untuk menjaga keamanan internet banking Anda, jangan pernah membagikan ID pengguna dan kata sandi Anda kepada orang lain karena banyak kejahatan dan penipuan yang merajalela akhir-akhir ini.

baca juga Cara Ganti PIN ATM BRI di ATM dan Melalui Bank

Kesimpulan

Dari informasi di atas dapat kita simpulkan bahwa mendaftar BRI Internet Banking tidaklah sulit. Namun nasabah bank BRI tetap harus datang ke cabang untuk mengaktifkan mToken yang nantinya akan digunakan untuk bertransaksi.

Perlu Anda ketahui bahwa mToken BRO berbeda dengan token pada umumnya. Karena mToken BRI tidak memerlukan perangkat tambahan, karena kode token dikirim melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pendaftaran BRI Internet Banking, silakan lihat beberapa FAQ di bawah ini.

Berapa biaya internet banking BRI?

Proses pembuatannya gratis

Apakah mungkin untuk mengaktifkan BRI Internet Banking tanpa pergi ke bank?

Ya, tetapi hanya untuk transaksi non finansial seperti cek saldo dan mutasi rekening giro. Untuk transaksi finansial, Anda perlu menggunakan mToken yang diaktifkan di cabang Bank BRI

Apakah Internet Banking BRI dikenakan biaya?

Jika Anda berdagang dengan m-token, Anda akan dikenakan biaya SMS, yang akan dipotong dari saldo ponsel Anda. Namun, tidak ada biaya untuk transaksi non-keuangan

Bisakah saya mengubah nomor ponsel mTOKEN BRI saya?

Ada dua cara untuk mengubah nomor yang terkait dengan mToken BRI yaitu melalui Call Center BRI (14017 / 1500017) dan datang ke kantor BRI terdekat.

Bagaimana Mengatasi Lupa Password dan User ID BRI Internet Banking?

Silahkan hubungi Call Center Bank BRI di 14017 atau 1500017

Apakah Internet Banking BRI dapat digunakan di luar negeri?

Ya, selama Anda mengaktifkan paket Rooming atau selama kartu yang terdaftar aktif di negara yang Anda kunjungi

Apakah BRI Internet Banking menggunakan pulsa?

Ya, dana digunakan untuk melakukan transaksi melalui mToken BRI

Mengapa Internet Banking BRI saya diblokir?

Masalahnya disebabkan oleh memasukkan kata sandi yang salah tiga kali. Untuk aktivasi kembali, silahkan hubungi call center BRI di 14017 atau 1500017

Nomor ponsel mana yang bisa didaftarkan?

Pendaftaran internet banking BRI hanya dapat menggunakan nomor handphone dari operator Indosat, Telkomsel, XL, Three, Telkom Flexi dan Bakrie Telecom

Demikian Informasi Pendaftaran, Ketentuan dan Aktivasi BRI Internet Banking. Kami berharap informasi yang disampaikan di atas dapat menjadi acuan bagi nasabah Bank BRI yang ingin mengaktifkan layanan internet banking. Cek juga informasi sebelumnya 5 Cara Aktivasi Kartu ATM BRI via Brimo dan BRI Mobile dan berbagai item perbankan lainnya.