Syarat Permohonan KTA Mandiri

16 Syarat Permohonan KTA Mandiri KSM (Kredit Serbaguna)

Diposting pada

Syarat Permohonan KTA Mandiri – Mandiri Kredit Multiguna atau KSM Mandiri merupakan salah satu produk kredit Bank Mandiri yang memungkinkan nasabah untuk mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA).

KTA adalah layanan kredit tanpa agunan (agunan) yang ditujukan kepada masyarakat Indonesia dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Pinjaman tanpa agunan atau KTA dapat digunakan untuk pendidikan, kesehatan, perkawinan, tambahan modal usaha, renovasi rumah, dan kebutuhan keluarga lainnya.

Syarat Permohonan KTA Mandiri

Pengajuan KTA Mandiri adalah tujuan semua orang karena tidak memerlukan jaminan dan dana dapat dicairkan dalam sehari. Selain itu, KTA Mandiri termasuk salah satu kredit tanpa agunan dengan suku bunga kompetitif.

Selain suku bunga rendah, pinjaman Mandiri KTA juga memiliki jangka waktu yang cukup panjang hingga 15 tahun. Untuk dana pinjamannya sendiri, Bank Mandiri menyediakan dana KTA mulai dari 5 juta hingga 1 miliar rupiah.

Kredit Tanpa Agunan atau KTA yang didirikan oleh Bank Mandiri hanya diberikan kepada nasabah dengan status pekerjaan dan penghasilan tetap atau profesi tetap sebagai sumber pembayaran. Fasilitas kredit tanpa agunan ini sangat cocok untuk pegawai TNI, POLRI, PNS, pegawai BUMN, pegawai BUMD maupun pegawai tetap perusahaan swasta.

Selain itu, pensiunan yang memiliki gaji pensiun setiap bulannya juga dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan atau KTA. Nah yang jadi pertanyaan, apa saja syarat pengajuan KTA Mandiri dan bagaimana prosedur pengajuan pinjaman tanpa agunan? Untuk mengetahuinya, lihat di bawah ini.

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengajukan pinjaman tanpa agunan Mandiri atau Mandiri-KSM, ada beberapa jenis KTA yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu.

Jenis Pinjaman KSM KTA Mandiri

Pinjaman tanpa agunan dibagi menjadi dua jenis yaitu KSM Mandiri Payroll dan KSM Mandiri Non Payroll. Untuk informasi lebih lanjut, lihat ulasan berikut:

  1. KSM Mandiri Payroll adalah jenis pinjaman tanpa agunan atau KTA yang memiliki metode pembayaran dengan cara dipotong angsuran langsung dari rekening Mandiri milik nasabah Mandiri.
  2. KSM Mandiri Non Payroll adalah jenis pinjaman tanpa agunan dari Bank Mandiri yang menawarkan metode pembayaran cicilan untuk fasilitas layanan m-banking, Internet banking atau counter bank Mandiri.

Jika Anda sudah mengetahui jenis KTA dan masih ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan, ada baiknya Anda memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Fungsi dari semua persyaratan tersebut adalah untuk mempermudah proses pengajuan sehingga dapat disetujui oleh Bank Mandiri.

Syarat Pengajuan KTA Mandiri KSM

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk Mandiri Kredit Tanpa Agunan adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia
  2. Peminjam tanpa agunan memiliki usia minimal 21 tahun dan usia maksimal sebelum usia pensiun (sampai pinjaman lunas)
  3. Terbukti sebagai pegawai tetap dengan masa kerja minimal satu tahun
  4. Memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan
  5. Apakah Anda memiliki rekening tabungan atau rekening giro?

Persyaratan Dokumen Pengajuan Pinjaman KSM KTA Mandiri

Selain persyaratan di atas, Anda juga harus memenuhi beberapa persyaratan dokumen. Persyaratan pengajuan Mandiri Unsecured Loan adalah sebagai berikut:

  1. Isi formulir aplikasi pinjaman dengan lengkap dan sebenar-benarnya
  2. Fotokopi KTP berupa KTP yang masih berlaku
  3. Untuk mengajukan KTA dengan dana lebih dari Rp 50.000.000, Anda harus melengkapi fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  4. SK (SK) pengangkatan pegawai asli yang dikeluarkan oleh Instansi (khususnya TNI/POLRI)
  5. Lampirkan slip gaji asli atau laporan pendapatan terbaru (khusus Non Payroll)

Setelah semua persyaratan terpenuhi, Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan di cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa beberapa dokumen persyaratan. Untuk proses pengajuan sebagai berikut:

Cara mengajukan pinjaman mandiri tanpa agunan

Ada beberapa cara pengajuan pinjaman KTA yang perlu Anda ketahui agar proses pengajuan pinjaman KTA Anda berjalan lancar. Untuk cara pengajuan pinjaman tanpa agunan atau KTA Mandiri, lakukan hal berikut:

1. Pengecekan riwayat kredit di OJK

Untuk proses pengajuan KTA, Bank Mandiri melakukan pengecekan dan memperhitungkan history kredit Anda. Misalnya, apakah pelanggan pernah gagal bayar cicilan dan apakah pelanggan memiliki cicilan terbuka.

Untuk proses ini, pelanggan sekarang harus melunasi semua pinjaman dan tunggakan yang masih ada. Karena Bank Mandiri tidak akan memproses pengajuan KTA jika masih memiliki pinjaman atau tunggakan pembayaran lainnya.

2. Memiliki rekening tabungan atau payroll Mandiri

Cara kedua agar proses pengajuan KTA lancar dan mudah adalah jika Anda sudah memiliki rekening tabungan. Memiliki Rekening Tabungan Mandiri saat mengajukan pinjaman tanpa agunan dapat memudahkan pihak bank untuk memantau arus kas calon debitur dan mempermudah proses analisa kelayakan debitur saat melakukan pinjaman.

Nah untuk minimal waktu kepemilikan rekening Mandiri dalam proses pengajuan KTA yaitu 6 bulan untuk memastikan rekening benar-benar aktif digunakan atau tidak.

3. Lengkapi formulir aplikasi pinjaman tanpa jaminan

Setelah menyelesaikan langkah pertama dan kedua, isi formulir pengajuan kredit yang disediakan oleh Penjual Kredit Mikro (MKS) saat berkunjung ke cabang. Harap isi formulir aplikasi dengan data yang akurat, benar dan masuk akal.

4. Menyerahkan beberapa dokumen persyaratan

Setelah proses pengisian formulir pengajuan pinjaman tanpa agunan dengan data yang sesuai selesai, langkah selanjutnya adalah menyerahkan beberapa dokumen yang dipersyaratkan kepada MKS. Biasanya Bank Mandiri juga meminta persyaratan dokumen selain kwitansi, dan persyaratan pendukungnya adalah KTP suami/istri, fotokopi rekening tabungan, asuransi kesehatan, dan fotokopi KTP.

5. Proses Persetujuan Pinjaman KTA

Setelah langkah-langkah di atas selesai, Anda perlu menunggu persetujuan pinjaman KTA karena persetujuan KTA tidak hanya disetujui oleh penjual. Semua data yang dikirim ke penjualan pertama kali dibaca dan diperiksa oleh manajer cabang dan manajer cluster.

Proses selanjutnya adalah data aplikasi KTA masuk ke tahap Branch Delevy System – Integrated Loan System (BDS-ILS). Artinya, akan diambil keputusan apakah pengajuan KTA Anda bisa dilanjutkan atau tidak.

Jika proses ini berhasil diselesaikan, langkah selanjutnya adalah memasukkan data ke dalam sistem organisasi perkreditan dan meneruskannya ke pihak daerah untuk melakukan prosedur verifikasi.

6. Menghubungi calon debitur dan pencairan pinjaman

Jika proses kredit disetujui, langkah selanjutnya adalah pihak bank menghubungi debitur untuk melacak proses selanjutnya. Untuk proses selanjutnya yaitu review, review dan analisis aplikasi pinjaman.

Proses verifikasi, review dan analisis memakan waktu kurang lebih 1-14 hari. Namun, setelah proses selesai, calon debitur akan diminta untuk menandatangani perjanjian pinjaman dan mengumpulkan serah terima dana pinjaman.

Dalam hal pencairan sendiri, dana diterima melalui tabungan atau rekening giro yang sesuai dengan milik debitur.

Biaya dan Denda KSM Mandiri

Sekarang setelah kita mengetahui syarat dan cara mengajukan KSM KTA Mandiri, yang harus kita lakukan hanyalah membahas biaya dan denda KSM Mandiri. Setiap aplikasi pinjaman dikenakan biaya manajemen dan biaya penempatan tergantung pada jenis pekerjaan klien.

Selain itu, akan dikenakan bunga keterlambatan pembayaran. Untuk besaran denda dan biaya lainnya, lihat di bawah ini.

Biaya administrasi pegawai PNS/TNI/POLRI Rp 100.000
Biaya Administrasi BUMN/BUMD/Pegawai Swasta Rp 100.000
Biaya pengurusan pegawai CPNS dan pensiunan Rp 50.000
Biaya Penempatan Pegawai/Pegawai TNI/POLRI 1%
Biaya Komitmen BUMN/BUMD/Pegawai Swasta 1%
Biaya komitmen untuk PNS dan pensiunan 0,5%
Biaya Pinjaman Terlambat 2% di atas tingkat bunga masing-masing dan dihitung sesuai dengan jumlah tunggakan.
Biaya Penukaran Sebelum Jatuh Tempo 8% dari sisa saldo
premi asuransi jiwa Sesuai dengan tarif yang berlaku

Tabel Bunga dan Angsuran Mandiri KSM

Bagi yang menanyakan tentang suku bunga, dapat dikatakan bahwa suku bunga pinjaman KSM Mandiri tergantung pada jenis profesi peminjam. Pasalnya, Bank Mandiri menerapkan suku bunga yang berbeda untuk swasta, PNS, TNI dan Polri. Untuk referensi, silakan lihat tabel tarif KTA Mandiri berikut.

Grafik Suku Bunga Kredit KTA Mandiri

Tabel tarif KSM Mandiri

Untuk informasi suku bunga terbaru, silahkan hubungi Mandiri Call di 14000 atau datang langsung ke cabang Mandiri terdekat.

Kesimpulan

Mandiri KSM (Merbaguna Mandiri Kredit) dapat menjadi solusi untuk mendapatkan pinjaman secara cepat dengan suku bunga yang kompetitif. Pinjaman tanpa agunan ini bisa menjadi solusi bagi para pekerja yang memiliki penghasilan tetap atau pekerjaan tetap.

Pensiunan juga dapat mengajukan pinjaman jika mereka memiliki pendapatan minimal 3 juta. Sayangnya, proses aplikasi KTA Mandiri tidak dapat diselesaikan secara online. Artinya nasabah harus datang langsung ke cabang Mandiri terdekat.

Jadi, jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang informasi di atas, silakan hubungi situs resmi www.bankmandiri.co.id dan lihat halaman FAQ di bawah ini?

Apakah saya bisa mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank Mandiri?

Ya, Anda dapat mengajukan Pinjaman Mandiri General Purpose Loan atau Pinjaman KSM Mandiri di cabang Mandiri terdekat

Berapa maksimal pinjaman KTA Mandiri KSM?

Maksimal pinjaman Rp 1 miliar

Berapa jangka waktu maksimal pinjaman KSM Mandiri?

Jangka waktu hingga 15 tahun

Siapa saja yang dapat mengajukan KTA mandiri?

Pinjaman ini diperuntukan bagi pekerja yang memiliki pendapatan atau pekerjaan tetap, termasuk pensiunan dan perorangan.

Berapa persyaratan gaji minimum untuk KTA Mandiri?

Gaji minimal pemohon pinjaman Rp 3 juta per bulan

Berapa suku bunga KTA Mandiri KSM

Suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk kepastian silahkan hubungi Mandiri Call di nomor 14000

Berapa biaya Administrasi Kredit Mandiri Multiguna?

Hingga Rp100.000

Berapa denda keterlambatan pembayaran angsuran dari KSM Mandiri?

Denda wanprestasi adalah 2% di atas suku bunga yang berlaku dan dihitung sesuai dengan jumlah angsuran wanprestasi

Bisakah saya membayar cicilan sebelum jatuh tempo?

Ya, tetapi 8% dari sisa pulsa akan dikenakan biaya

Cara-cara di atas untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan dari Bank Mandiri. Bagi debitur yang sudah menerima dana kredit sebaiknya membayar cicilan tepat waktu agar tidak ada kendala yang tidak diinginkan.

Cukup informasi pada kesempatan tersebut di viralorchard.com. Lihat juga informasi sebelumnya tentang “Cara tutup kartu kredit Mandiri” dan “Syarat pengajuan KUR MandiriSemoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi.