14 Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir Tanpa Ke Bank

Diposting pada

Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir Banyak nasabah BNI yang bertanya bagaimana cara mengatasi ATM BNI yang terblokir tanpa ke bank? Caranya cukup sederhana, namun tergantung kasus yang menyebabkan pemblokiran kartu ATM tersebut.

Bank Negara Indonesia atau dikenal dengan Bank BNI merupakan salah satu bank milik Pemerintah Indonesia (BUMN). Bank BNI memiliki berbagai jenis rekening tabungan yang dapat dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir

Rekening tabungan BNI memungkinkan masyarakat Indonesia untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan lebih aman. Jika Anda adalah pemegang jenis Rekening Tabungan BNI, Anda akan diberikan pilihan transaksi yaitu kartu ATM.

Pemegang rekening BNI dapat melakukan segala jenis transaksi mulai dari setor tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran hingga investasi di ATM BNI atau mini ATM BNI yang tersebar di berbagai pelosok. Namun, untuk melakukan transaksi menggunakan kartu ATM, pemilik harus memasukkan PIN ATM untuk memverifikasi transaksi dan meningkatkan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi.

Namun seperti orang awam, banyak pemilik kartu ATM yang lupa PIN ATM-nya bahkan salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali. Jika Anda salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali, sistem akan secara otomatis memblokir kartu ATM tersebut.

Sehingga jika Anda mengalami hal tersebut, kartu ATM Anda tidak dapat digunakan untuk bertransaksi. Ternyata, munculnya kartu ATM yang terblokir bukan hanya karena salah memasukkan PIN ATM, tetapi juga bisa disebabkan oleh penyalahgunaan kartu ATM oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pengguna ATM BNI yang mengalami hal tersebut tentunya resah dan bingung bagaimana cara mengatasi ATM BNI yang diblokir. Banyak pelanggan yang mengira jika kartu debit diblokir, seluruh pulsa habis.

Nasabah Bank BNI tidak perlu khawatir jika mengalami kartu ATM terblokir. Karena pulsa yang tersimpan di rekening tetap aman. Lantas pertanyaannya bagaimana cara mengatasi ATM BNI yang terblokir tanpa ke bank?

Cara melewati kartu ATM BNI yang terblokir tanpa ke bank

Ada dua kondisi pemblokiran ATM BNI. Kondisi pertama karena kesalahan memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali sehingga menyebabkan kartu ATM terblokir. Adapun kondisi kedua, kartu ATM hilang, tertelan, atau rusak.

Jika pemblokiran kartu debit karena salah memasukkan kode PIN, nasabah tidak perlu datang ke cabang bank. Untuk mengatasinya, hubungi saja Layanan Call Center BNI di nomor 1500046.

Sebelum menghubungi BNI Call, pastikan Anda mengingat PIN kartu ATM Anda. Jika Anda masih melupakannya, itu tidak berguna. Karena petugas panggilan BNI hanya diperbolehkan membuka kartu ATM yang diblokir dan tidak berhak mengganti PIN kartu ATM tersebut.

Bagi yang sudah ingat PIN kartu ATM yang terblokir, Anda bisa mencoba mem-bypass ATM BNI yang terblokir tanpa harus ke bank dengan menghubungi BNI Call. Silakan lihat prosedurnya di bawah ini.

  1. Silahkan hubungi BNI Call di nomor 1500046
  2. Setelah Anda terhubung ke perwakilan call center BNI, beri tahu mereka tujuan Anda, yaitu mengaktifkan kembali kartu ATM yang diblokir
  3. Selanjutnya, customer service akan menanyakan data dan informasi yang diperlukan seperti nomor ATM, nama Anda, nama ibu kandung Anda, dan nomor ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya saat membuat rekening BNI.
  4. Perwakilan call center akan memeriksa data Anda
  5. Harap tunggu agen call center mengaktifkan kembali ATM Anda. Proses aktivasi kartu debit memakan waktu kurang lebih 10 menit dan jika berhasil, kartu debit Anda dapat digunakan untuk transaksi kembali.

Layanan BNI Call siap melayani nasabah Bank BNI yang bermasalah dengan pemblokiran ATM BNI selama 24 jam nonstop. Harap dicatat, bagaimanapun, bahwa setiap panggilan ditagih sesuai dengan tarif dari masing-masing penyedia.

Cara Buka Blokir ATM BNI Melalui Cabang

Nasabah Bank BNI yang kesulitan lupa PIN ATM yang memblokir kartu ATM dapat menghubungi cabang BNI terdekat dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. simpan buku
  3. Kartu ATM

Cara mengatasi ATM BNI macet ini juga berlaku bagi nasabah yang mengalami kartu ATM hilang, rusak, atau tertelan. Jangan lupa siapkan semua persyaratan di atas lalu ikuti saja prosedur unlocking kartu ATM BNI di bawah ini.

  1. Silakan datang cabang bank BNI terdekat dengan persyaratan di atas.
  2. Setibanya di cabang Bank BNI, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju ke customer service. Bisa minta bantuan satpam Bank BNI untuk pengambilan nomor antrian di mesin antrian
  3. Harap tunggu sementara nomor antrian Anda dipanggil
  4. Setelah nomor antrian terpanggil, silahkan masuk ke Customer Service dan beritahu kami tujuan anda yaitu mengaktifkan kembali kartu ATM yang diblokir
  5. Tolong beri tahu perwakilan layanan pelanggan semua persyaratan yang telah Anda siapkan
  6. Perwakilan layanan pelanggan memproses aktivasi kartu ATM lagi
  7. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN ATM baru, yang terdiri dari enam digit angka, dan memastikan bahwa nomor PIN Anda dirahasiakan oleh semua orang, termasuk karyawan bank.
  8. Silahkan masukkan ulang PIN ATM baru untuk proses verifikasi (pastikan Anda tidak lupa PIN ATM baru lagi)
  9. Pengaktifan kembali kartu ATM BNI Anda berhasil dan kartu ATM tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi kembali.

Customer Service BNI akan membantu nasabah mengubah PIN ATM BNI yang terblokir sehingga dapat digunakan untuk transaksi ATM kembali. Setelah PIN berhasil diubah, jangan lupa untuk mengganti PIN secara berkala untuk menjaga keamanan akun.

Proses perubahan PIN dapat dilakukan melalui ATM dan mobile banking. Mau tahu caranya, silahkan baca informasinya di bawah ini”Cara Ganti PIN ATM BNI“.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara mengatasi ATM BNI yang terblokir tanpa harus ke bank, Anda tidak perlu panik lagi. Karena cara mengatasi masalah ini sangat sederhana. Anda hanya perlu menghubungi Call Center BNI (BNI Call) jika masih ingat PIN ATM.

Jika Anda lupa PIN ATM, satu-satunya cara untuk mengatasi masalah pemblokiran ATM BNI adalah dengan datang langsung ke cabang BNI terdekat. Jadi jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang cara mengatasi ATM BNI yang diblokir, silakan baca halaman FAQ di bawah ini.

Apa Penyebab Kartu ATM BNI Terblokir?

Biasanya disebabkan oleh kesalahan saat memasukkan PIN kartu bank sebanyak tiga kali. Selain itu, kartu ATM BNI dapat diblokir karena kartu ATM hilang, tertelan, rusak dan kadaluarsa.

Apakah kartu ATM BNI yang diblokir bisa diaktifkan kembali?

Ya, caranya dengan menghubungi BNI Call di nomor 1500046 atau datang langsung ke cabang BNI terdekat.

Apakah ada biaya untuk membuka blokir ATM BNI?

Biaya hanya berlaku jika Anda harus mengganti kartu ATM. Namun, jika Anda hanya membuka blokir kartu ATM, tidak ada biaya sama sekali (gratis).

Apakah saldo akun aman?

Anda tidak perlu khawatir kehilangan keseimbangan. Karena yang diblokir hanya kartu ATM. Banyak dari Anda yang masih dapat bertransaksi menggunakan layanan perbankan lainnya seperti mobile banking, SMS banking, dan internet banking.

Cukup sekian informasi cara mengatasi ATM BNI yang diblokir. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi nasabah Bank BNI yang mengalami masalah kartu ATM terblokir. Lihat juga artikel sebelumnya tentang “Cara aktivasi kartu ATM BRIdan berbagai informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.