13 Fitur, Penggunaan, dan Pengertian Kartu Kredit

13 Fitur, Penggunaan, dan Pengertian Kartu Kredit

Diposting pada

Fitur kartu kredit – Indonesia memiliki teknologi modern yang sangat beragam dalam dunia perbankan. Bank dunia memberikan layanan yang sangat modern kepada masyarakat Indonesia, termasuk kartu kredit.

Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank yang diperlihatkan kepada nasabah dengan tujuan untuk membeli barang atau jasa kepada perusahaan yang dapat menerima kartu tersebut tanpa membayar tunai (utang).

Artinya nasabah membeli terlebih dahulu melalui bank dan nasabah membayar secara mencicil di bank yang bersangkutan.

Selain pengertian di atas, kartu kredit juga memiliki fungsi yang ditampilkan kepada pelanggan dan prospek. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan dan fungsi kartu kredit, silakan baca informasinya viralorchard.com pengikut.

Pengertian kartu kredit

Pengertian kartu kredit

Kartu kredit adalah kartu yang diterbitkan oleh bank sebagai alat pembayaran untuk pembelian barang atau jasa dengan menggunakan sistem kredit. Artinya bank terlebih dahulu memberikan pinjaman kepada nasabah, kemudian pinjaman tersebut harus dilunasi dalam jangka waktu tertentu.

Jangan mengambil pinjaman kartu kredit tergantung pada jenis barang atau jasa yang dibeli. Bunga dibebankan pada transaksi kartu kredit. Besaran bunga untuk setiap transaksi berbeda-beda. Bahkan ada transaksi kartu kredit dengan bunga 0%. Selain itu, pelanggan harus membayar iuran tahunan sebagai bukti keanggotaan.

Biaya dan bunga untuk setiap kartu kredit berbeda-beda di setiap bank. Oleh karena itu, sebelum membuat kartu kredit, kita harus terlebih dahulu memahami detail biaya dan bunga yang harus dibayar.

Setiap kartu kredit juga memiliki limit yang berbeda-beda. Limit tersebut ditetapkan oleh bank untuk membatasi jumlah transaksi. Jadi jika kartu kredit memiliki limit Rp5 juta, maka pemegang kartu, dengan jumlah maksimal total Rp5 juta.

Limit kartu kredit dapat ditingkatkan sesuai dengan pedoman bank. Batas ini adalah perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit. Hal ini dikarenakan kartu debit memiliki limit transaksi berdasarkan saldo yang tersedia di rekening atau rekening tabungan.

Pengertian kartu kredit di atas bisa menjadi gambaran sebelum Anda memutuskan untuk membuat kartu kredit. Hampir semua bank besar kini menawarkan produk kartu kredit sebagai produk andalannya. Kartu ini memiliki banyak keunggulan. Manfaat tersebut dianalogikan dengan fungsi kartu kredit, yang bisa Anda lihat di bawah ini.

Fungsi kartu kredit

Fungsi kartu kredit
Fungsi kartu kredit

Mendapatkan kartu kredit memang tidak mudah. Nasabah harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh bank. Jika bisa, kartu kredit bisa membantu Anda melakukan transaksi online dan offline dengan lebih mudah. Di sisi lain, kartu kredit juga memiliki berbagai fungsi dan kegunaan sebagai berikut.

1. Dana Darurat

Salah satu fungsi kartu kredit yang pertama adalah sebagai dana darurat. Dana darurat adalah dana yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang mendesak dan benar-benar mendesak.

Contoh dana darurat yang dibutuhkan untuk operasi, persalinan dan lain-lain, namun belum memiliki dana yang cukup. Dalam hal ini, Anda dapat membayar semua biaya di muka dengan kartu kredit.

2. Dana Peluang

Peran kartu kredit sebagai opportunity fund adalah untuk menghimpun dana yang akan digunakan untuk peluang bisnis atau investasi.

3. Survei segala bentuk pengeluaran

Fungsi ketiga dari kartu kredit adalah dapat digunakan untuk semua jenis pengeluaran belanjaan dalam satu tagihan. Sehingga dana yang kita keluarkan menjadi lebih hemat.

Contoh salah satu bentuk pengeluaran rutin yang dapat dijadikan sebagai tagihan adalah membayar tagihan listrik, telepon, air, dll.

4. Biaya Masuk

Fungsi kartu kredit lainnya adalah pencatatan biaya. Tujuan dari cost tracking adalah untuk dapat mencatat biaya-biaya yang rutin kita keluarkan untuk membantu kita mengelola keuangan kita.

5. Hapus pengeluaran

Penggunaan kartu kredit dapat memperjelas pengeluaran keuangan kita pada rekening giro dan memeriksanya di rumah pada akhir bulan

6. Layanan asuransi

Pelanggan kartu kredit dapat menggunakan fungsi kartu kredit sebagai asuransi kesehatan, kecelakaan, perjalanan, pencurian dan berbagai pembelian barang dengan kartu kredit.

7. Metode pembayaran untuk transaksi online

Fungsi utama dari kartu kredit adalah sebagai metode pembayaran untuk transaksi online. Hampir semua toko online terkenal menawarkan metode pembayaran kartu kredit. Tidak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia.

8. Pinjaman barang dengan bunga 0%

Selain itu, kartu kredit juga berfungsi untuk membeli barang dengan bunga 0%. Inilah keistimewaan kartu kredit dibandingkan dengan kartu debit. Namun, tidak semua transaksi mendapatkan bunga 0% karena tergantung pada penjual yang menerima metode pembayaran kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit

Penggunaan kartu kredit
Penggunaan kartu kredit

Sekarang setelah kita mengetahui semua fitur kartu kredit di atas, kita dapat melihat bahwa kartu kredit memiliki banyak kegunaan.

  1. Transaksi online
  2. Untuk dapat membeli barang atau jasa dengan sistem cicilan bulanan
  3. Bisa mendapatkan uang tunai. Karena limit kartu kredit bisa ditukarkan
  4. Dapatkan promosi dan diskon menarik dari berbagai lokasi di seluruh dunia
  5. Dapatkan asuransi kesehatan atau asuransi

Bagaimana cara mendapatkan kartu kredit?

Bagaimana cara mendapatkan kartu kredit

Masih banyak lagi kegunaan dan fungsi kartu kredit. Namun pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mendapatkan kartu kredit? Cara menuju ke sana cukup sederhana, Anda hanya perlu menyerahkannya ke bank dan memenuhi semua persyaratan. Sebagai ilustrasi, Anda dapat menyimak informasi kami sebelumnya tentang pembuatan kartu kredit melalui tautan di bawah ini

  1. Cara membuat kartu kredit BNI
  2. Cara membuat kartu kredit BCA
  3. Cara membuat kartu kredit BRI

Syarat yang harus dipenuhi nasabah untuk dapat menerima kartu kredit berbeda-beda tergantung jenis kartu dan bank yang dipilih. Namun, sebagai aturan, hanya diperlukan kartu identitas (KTP, Passor, Kitas, Kitap). Selain itu, nasabah juga harus memiliki NPWP dan memenuhi minimal pendapatan bulanan.

Silakan hubungi bank terkait untuk memastikan persyaratan yang diperlukan. Cukup informasi tentang cara kerja kartu kredit di viralorchard.com. Semoga informasi yang kami berikan dapat dijadikan referensi sebelum kartu kredit diterbitkan.