Lem Baut vs Anti-Seize vs Gemuk/Grease : Apa bedanya

Posted on

Bolt Glue, Anti-Seize, Grease dan Grease adalah pelumas dan aditif yang sangat berguna untuk baut / mur, mesin, komponen bergerak dan berputar, mutual grinding dan lain-lain. Ketiganya memiliki karakter yang berbeda sehingga tidak bisa digunakan secara merata. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui untuk penggunaan yang tepat.

Apalagi untuk sepeda yang sebagian besar terbuat dari logam, berbeda dengan sepeda motor dan mobil yang juga banyak menggunakan plastik, karet dan nilon. Dengan menggunakan gemuk dan pelumas, sepeda bekerja lebih baik, lebih aman, dan tahan lama.

Penguncian sekrup (perekat baut)

Threadlocker, atau perekat ulir, merupakan bahan berwarna biru atau merah yang sering kita jumpai pada baut atau mur baru. Threadlocker adalah bahan yang terbuat dari campuran kimiawi metakrilat. Bahan inilah yang digunakan pada lem kaca, peralatan gigi, dan bone cement yang memiliki ikatan yang sangat kuat. Namun threadlocker memiliki sifat khusus yaitu anarobic, artinya tidak seperti lem biasa yang harus dibuka, dapat bereaksi tanpa oksigen atau udara. Bentuk pengunci ulir atau perekat baut bisa dalam bentuk cair, gel semi padat, pasta atau seperti perekat tongkat.

Perekat baut biru - perangkat pengunci sekrup untuk memasang ikatan kabel
Perekat baut biru – perangkat pengunci sekrup untuk memasang ikatan kabel

Meskipun bekerja seperti lem, tidak seperti lem yang kita bayangkan. Threadlocker atau perekat sekrup bersifat permanen atau beberapa dapat dilepas. Sebagian besar yang kami gunakan berwarna biru atau bisa dilepas. Menggunakan lem baut akan membuat ikatan baut lebih kencang, dan akan membutuhkan tenaga lebih untuk membuka sekrup / mur yang menempel pada lem baut. Selain itu, lem stud juga bermanfaat untuk mencegah karat karena dapat mencegah udara dan air masuk ke celah stud. Keunggulan kunci sekrup dibandingkan gemuk / pelumas lain adalah ketahanannya terhadap tekanan, getaran, dan benturan.

Lem baut bekerja dengan mekanisme elektromekanis yang memerlukan kontak dan gesekan antara dua logam, dan threadlocker bereaksi untuk membuat perekat seperti polimerisasi antara kedua logam. Agar perekat ulir bekerja maksimal maka permukaan ulir / mur harus bersih agar kontak dan beda potensial listrik antara kedua logam lebih kuat.

Tidak hanya berwarna biru, ada warna lain untuk lem stud yang memiliki standar aplikasi dan kekuatan berbeda.

Seni Kode warna Torsi untuk lepas landas

(38-16 ukuran sekrup)

Torsi untuk dimainkan Suhu kerja
Kekuatan rendah ungu 62 in-lb (7 Nm) 3 Nm (27 inci-lb) -54 hingga 149 ° C.
Kekuatan sedang biru 12 Nm (115 in-lb) 6 Nm (53 inci lb) -54 hingga 149 ° C.
Resistensi potong (tidak sensitif permukaan) biru 20 Nm (180 inci lb) 7 Nm (62 inci-lb) -54 hingga 149 ° C.
Kekuatan tinggi merah 25 Nm (230 inci-lb) 25 Nm (225 inci-lb) -54 hingga 149 ° C.
Suhu tinggi merah 20 Nm (180 inci lb) 30 Nm (270 inci-lb) -54 hingga 232 ° C.
penetrasi hijau 10 Nm (90 inci-lb) 35 Nm (310 inci-lb) -54 hingga 149 ° C.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Thread-locking_fluid

Lem ulir merah biasanya permanen, digunakan untuk baut / mur yang tidak dimaksudkan untuk dibuka atau dilepas, dan bersifat permanen, seperti pada beberapa onderdil mobil. Untuk membuka kancing lem merah, pertama-tama harus dipanaskan agar lem jatuh dan mengendurkan ikatan antar sekrup.

Loctite adalah merek lem ulir paling terkenal, mirip dengan WD-40 di mana nama mereknya telah menjadi nama item karena tidak ada merek lain yang mendominasi. Loctite tidak hanya mengeluarkan threadlocker, ada banyak produk lain seperti lem, anti-seize dengan berbagai jenis kegunaan. Jadi selalu perhatikan jenis dan aplikasinya yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Perekat sekrup biru (sedang) cukup kuat untuk komponen sepeda. Banyak komponen sepeda yang cenderung berkarat dan macet saat dibuka. Termasuk komponen yang sekrupnya longgar dan kurang kencang karena tekanan dan benturan. Penggunaan lem baut pada sambungan, terutama pada sambungan kecil membuat sepeda lebih tangguh, lebih tahan karat serta lebih mudah dan murah perawatannya.

Threadlocker sebenarnya bisa dipasang ke semua sekrup dan bagian berulir pada sepeda. Namun, ada beberapa bagian yang bekerja lebih baik dengan gemuk / pelumas lain, mis.

  • Chainring dan baut engkol
  • Pedal Drat
  • Drat sebagai (sumbu)

Bagian ini mungkin perlu dirakit lebih sering, beberapa bagian juga memerlukan nilai Torsi (N / m) Fitur khusus, tergantung orang dan sepedanya. Untuk sekrup yang memiliki kecenderungan menggiling (saling memakan) dan mengakibatkan lecet dan macet, ada pelumas yang lebih cocok yaitu Anti-Seize.

Pompa Pelumas

Meraih artinya lengket, anti lengket artinya tidak lengket atau macet. Pelumas atau gemuk anti-penyumbat bekerja secara berbeda dari kunci sekrup. Anti-Seize tidak membuat baut mengikat lebih erat, tetapi mencegah baut macet atau macet. Anti-Seize tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, mengurangi gesekan dan karat, tetapi juga mencegah lecet (abrasi).

Sekrup yang sudah usang dan macet
Sekrup yang sudah usang dan macet

Pasta anti sita atau rakitan yang terbuat dari campuran aluminium, grafit, tembaga (tembaga), atau perak (perak) halus. Biasanya pasta yang bagus, cair, anti sita mengandung gel atau partikel kecil. Anti-Seize sulit untuk dibersihkan, apalagi jika menempel pada pakaian. Karena memiliki partikel logam / grafit kecil yang dapat masuk ke celah-celah paling sempit, termasuk ke serat kain. Larutan pelarutan khusus seperti WD-40 harus digunakan yang melarutkan pelumas dan minyak atau mungkin alkohol agar lebih cepat larut.

Karena sifat anti-seize, yang juga berfungsi sebagai pelumas, anti-seize tidak hanya digunakan pada sekrup, tetapi juga di area kontak antara logam dan logam. Sangat penting untuk berhati-hati karatkarena karat adalah musuh utama yang merusak sepeda tanpa kita sadari.

Dengan sepeda, ada lebih banyak bagian yang lebih cocok digunakan untuk melawan kejang karena sepeda tidak mengalami tekanan tinggi seperti sepeda motor lainnya, mudah perawatannya dan lebih mudah untuk di-upgrade. Oleh karena itu, di sebagian besar bagian, kami lebih mampu menggunakan sekrup yang mudah dibuka dan juga kencang. Anti-Seize tidak mengurangi kekuatan baut / mur, hanya saja baut mudah dipasang dan dibuka kembali.

Khususnya dengan komponen titanium dan aluminium dengan tingkat kekerasan yang berbeda-beda, pemasangan sekrup titanium atau aluminium, jika agak macet, biasanya mengakibatkan ulir sekrup terlihat aus, tergores, dan bengkok, termasuk ulir tempat pemasangannya. Saat baut sudah aus, biasanya akan menjalar ke lokasi lain karena baut terus menggulung dan meremukkan bagian lainnya, sehingga sulit untuk melepas baut nantinya. Menggunakan Anti-Seize akan memudahkan sekrup masuk ke trek, mengurangi gesekan dan gesekan. Anti-Seize juga menutupi permukaan dan celah masuk air yang dapat menyebabkan karat.

PARK TOOL ASC-1 ASC 1 koneksi anti-seize untuk sepeda
PARK TOOL ASC-1 ASC 1 koneksi anti-seize untuk sepeda

Rangka sepeda karbon juga memiliki anti seize yang khusus, karena karbon memiliki karakter yang berbeda dengan logam. Bahan karbonnya sangat ringan, tetapi lebih halus. Kita harus memperhatikan kekuatan torsi yang disarankan saat memasang sekrup dan komponen lainnya (seperti batang, tiang jok) dan saat membawanya Pasta karbon Kurangi gesekan ..

Anti-Seize tidak hanya digunakan pada baut dan mur, tetapi juga pada sambungan lain pada sepeda, mis. Bagian bawah braket, Pos kursi, batang, sial pedal. Sepeda tidak digunakan pada temperatur ekstrim atau tekanan tinggi, tidak perlu menggunakan spesifikasi yang terlalu tinggi, penekanan pada kualitas.

Opsi anti-seize lebih banyak dan lebih mudah didapat. Produsen besar seperti Loctite C5A (tembaga), CRC Anti Seize Copper dan Food Grade, termasuk yang dirancang khusus untuk sepeda populer seperti Parktool Polylobe ASC-1, Shimano Anti-Seize dan lainnya.

WD40 bukanlah pelumas, tapi pelumas. WD40 digunakan untuk membersihkan pelumas, karat dan kontaminan lainnya serta menyisakan lapisan tipis yang tampak seperti pelumas namun cepat hilang dan menguap. Jangan gunakan WD40 sebagai pelumas utama, apalagi untuk penggunaan jangka panjang. Baca: pro dan kontra menggunakan WD40 di sepeda.

Lemak / minyak

Istilah fat and fat terkadang bisa diartikan terlalu luas, namun bolt glue atau anti sita terkadang juga disebut dengan istilah fat. Lemak yang kami maksud disini adalah pelumas yang terdiri dari oli dan pengental (oli).

Fungsi utama dari bahan berlemak ini adalah sebagai pelumas, bahan dasarnya adalah minyak, baik yang berbentuk cair, kental maupun semi padat. Gemuk ini bagus untuk komponen yang perlu bergerak atau berputar dengan cepat, seperti: Bantalan atau bolaatau untuk menghindari kontak logam-ke-logam secara langsung.

Harga lemak biasanya lebih murah, memiliki beragam fungsi untuk komposisi dan aplikasinya, dari kegunaan umum hingga khusus. Kerugiannya adalah kebanyakan dari mereka biasanya tidak dapat bekerja pada suhu tinggi dan tekanan yang sangat tinggi.

Bantalan gemuk
Bantalan gemuk

Karena murah dan serbaguna, gemuk terutama digunakan untuk sekrup, sambungan, bantalan, Rantai sepeda, dan lainnya. Tak salah juga, gemuk bisa memudahkan sekrup masuk dan keluar sekaligus terhindar dari karat dan gesekan. Lemak tidak memiliki fungsi khusus seperti pengunci sekrup atau anti-sita, tetapi terkadang cukup untuk aktivitas bersepeda biasa. Kecuali rantai sepeda, yang membutuhkan pelumas yang tidak terlalu rentan terhadap debu dan dalam kondisi terbuka (lihat: Pelumas rantai sepeda). Kekurangan lainnya dapat diatasi, menguap, dan mengalir lebih cepat, sehingga perlu diterapkan lebih sering.


Menggunakan threadlocker (lem ulir), anti seize, grease, grease dan oli membuat sepeda lebih aman karena kita dapat mengamankan dan memasang baut dengan benar dan membuat sepeda lebih awet serta mengurangi karat dan korosi yang dapat menumpuk pada komponen dan rusak. Bingkai sepeda.

Pilih spesifikasi pelumas yang sesuai dan gunakan sesuai dengan peruntukannya. Menggunakan merek yang murah jauh lebih baik daripada tidak memakai apa-apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *