Hanya Modal 1 Juta, Ini Dia 17 Ide Bisnis Untuk Anak Muda

Posted on

Apakah kamu sedang mencari ide bisnis dimasa sekarang ini. Pingin punya penghasilan tambahan? Mungkin juga kamu ingin memulainya tapi masih bingung dari mana.

Terutama bagi yang tak memiliki modal.

Tapi tenang, ternyata ada beberapa ide bisnis yang bisa kamu perhatikan. Modal yang digunakan pun sangat kecil. Kamu hanya perlu take action dan belajar menjadi yang terbaik agar bisnis kamu berhasil.

Faktor penentu pertama adalah niat, semakin kuat niat kamu maka semakin besar kemungkinan kamu bisa menjalankan bisnis dengan maksimal dan berhasil sukses.

1. Bisnis jasa dropshiper

Dropshioper

Jangan salah, bisnis model dropshiper bisa dikatakan tanpa modal lho. Mengapa? Sebab kamu hanya perlu menjual produk tanpa perlu membelinya.

Beda dengan reseller, kalau reseller kamu harus membeli terlebih dahulu, baru kemudian kamu menjualnya kembali.

Nah, sudah paham bukan?

Caranya bagaimana? Cobalah cari suplier terpercaya yang bisa diajak kerja sama dan terjamin. Misalkan dengan memperhatikan di Online shop Tokopedia. Kamu bisa menemukan model bisnis dropship.

Selanjutnya?

Tingkatkan kemampuan kamu dalam hal promosi. Semakin jago kamu promosi, semakin besar pula hasil yang Anda raih.

2. Menjual aneka token

Menjual token pulsa

Walaupun kini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengisi token maupun pulsa. Tetap saja masih ada orang yang tak mau repot melakukan instal aplikasi. Mereka tetap saja membutuhkan jasa.

Modal yang dibutuhkan juga tak terlalu besar. Bisa dikisaran 1 juta rupiah. Dengan catatan kamu sudah memiliki smartphone.

Ada beberapa jenis token yang bisa kamu jual. Misalkan token listrik, pengisian pulsa, penjualan paket internet, pembayaran Indihome, televisi, PDAM dan lain sebagainya yang bekerja sama dengan agen tentunya.

3. Menjual dengan sistem Pre Order

Pree order

Zaman sekarang serba canggih, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk jualan. Pilih produk yang paling banyak dicari. Misalkan, kaus trend, kosmetik, ataupun produk lain yang memang sering dicari.

Caranya bagaimana?

Pre order merupakan memesan produk dimuka, biasanya bisa dengan uang muka. Nah setelah itu, kamu bisa memesan produk tersebut ke toko online terbesar. Misalkan tokopedia.

Sistemnya hampir sama dengan dropshiper, hanya saja sistem pre order pelanggan memesan terlebih dahulu, lalu kamu memesan kembali ke toko online untuk disalurkan ke pelanggan yang memesan produk kamu.

Bagaimana bisnis kamu berhasil?

  • Jaga nama baik kamu
  • Carilah suplier yang benar benar memperhatikan kualitas produk
  • Lakukan pekerjaan dengan cepat
  • Selalu ramah dengan pelanggan

4. Penulis Artikel

Penulis artikel

Kamu jago menulis? bisa membuat tulisan menarik? Hobi menulis? Nah ini merupakan peluang yang sangat bagus. Mengapa? Coba simak ulasan berikut ini.

Saat ini artikel sangat dibutuhkan untuk promosi, branding, atau untuk memberikan informasi pada masyarakat. Coba saja kamu lihat di Google search, ada begitu banyak pertanyaan yang terjawab.

Nah, media media tersebut membutuhkan penulis untuk mengisi web blog mereka. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik jika kamu pintar menulis.

Caranya bagaimana?

Coba kamu searhing dan cari web atau blog yang membutuhkan jasa penulis. Biasanya mereka membuka lowongan.

Atau, kamu bisa menawarkan diri di media sosial kamu bahwa kamu menyediakan jasa menulis artikel.

5. Sarapan?

Sarapan

Coba kamu perhatikan.

Bagi kalangan pekerja kantoran, anak sekolah maupun pekerja lapangan yang super sibuk, biasanya mereka tidak sempat membuat sarapan sendiri dirumah. Nah mereka selalu mencari tempat untuk membeli sarapan.

Modal?

Kamu tentu sudah memiliki peralatan dapur kan? Gunakan itu saja untuk membuat menu sarapan. Kamu hanya perlu membeli bahan baku saja. Lalu kamu bisa menjualnya didepan rumah ataupun dengan cara pesan online.

Mudah bukan?

Ya sangat mudah jika memang kondisi disekitar kamu sangat memungkinkan. Misalkan kamu berada pada lokasi Komplek karyawan. Lokasi kampus, kantor atau perusahaan yang memang banyak orang super sibuk.

Tapi, bagi kamu yang berada diaerah biasa, tetap bisa juga kok, apalagi masakan kamu enak, makanan buatan kamu unik ataupun mampu membuat menu spesial yang membuat orang ketagihan. Tentu dagangan kamu akan laris manis.

6. Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan

Berbeda dengan poin 5 diatas, untuk ini kamu hanya dibutuhkan kemampuan mengetik cepat. kamu hanya perlu  laptop dan koneksi internet. Apalagi jika kamu berada pada lokasi yang memang membutuhkan jasa ini seperti.

Area tersebut biasanya sangat memerlukan jasa pengetikan. Setelah nama kamu terkenal, mereka pasti berbondong bondong meminta jasa kamu.

Keahlian mengetik cepat bisa kamu latih dengan beberapa aplikasi, silahkan kamu coba dan rajinlah berlatih mengetik menggunakan 10 jari.

7. Menjual Produk Handmade

Handmade

Kamu punya keahlian kerajinan tangan? Coba kamu membuat produk seperti tas dari bahan bekas atau dari bahan yang murah. Buatlah produk yang menarik mata, mengikuti trend dan harga terjangkau.

Keahlian ini bisa kamu jual lho, ada banyak kisah sukses anak mudah berawal dari handmade. Produk mereka mampu terkenal hingga ke luar negeri.

Produk handmade seperti apa yang bagus?

Begini, cari lah produk handmade dengan bahan yang murah. Lalu buatlah produk tersebut dengan kualitas terbaik. Lakukan dengan hati dan buatlah sebagus mungkin agar orang tertarik.

Sebenarnya, selain produk tas handmade, kamu bisa membuat beraneka produk lain. Misalkan miniatur, hiasan dinding atau jenis produk lainnya. Kamu bisa mencari referensi di internet untuk dijadikan ide produk kamu.

8. Bisnis blogging

Blogger

Blogging menjadi bagian yang penting di dunia internet. Kamu pasti sering membaca di internet bukan? Nah konten konten yang kamu baca dibuat oleh para blogger.

Bisnis ini modalnya tidak terlalu besar jika kamu sudah memiliki laptop maupun komputer. hanya membutuhkan koneksi internet dan keahlian menulis. Sebenarnya bisa saja menggunakan hp, tapi lebih baik menggunakan PC atau laptop.

Dari mana penghasilannya?

Ada banyak sumber yang bisa diraih dari blog dengan jumlah visitor tinggi. Misalkan dari iklan pribadi, dari publisher atau dari sumber lainnya. Yang penting blog kamu harus ramai pengunjung.

Caranya agar ramai pengunjung bagaimana?

Mudah saja, syaratnya kamu harus membuat artikel menarik, blog yang ringan ketika diakses dan memiliki tampilan bagus.

9. Jasa Printer

Usaha printer

Usaha ini juga modalnya kecil namun sangat dicari jika Anda berada di lokasi kantor, sekolah ataupun kampus. Jasa seperti ini sangat dibutuhkan oleh mereka lho.

Mereka yang selalu berkutat dengan dokumen dan tugas pasti membutuhkan printer. Apalagi tidak semua orang memiliki printer karena tidak pandai merawat.

Modal yang dibutuhkan?

Jika Anda memiliki printer, siapkan saja uang tinta berkisar antara 100 hingga 500 ribu. Kemudian kertas 50 hingga 100 ribu rupiah.

Bagi yang belum, coba lakukan survey membeli printer yang murah, entah itu kisaran 500 hingga 700 ribu, sisanya gunakan untuk perlengkapan tinta dan kertas.

Bagaimana? Tentu modal yang sangat kecil bukan. Kamu bisa memulainya dari rumah. Cobalah untuk promosi, beritahu orang sekitar atau lewat media sosial.

Semakin lama, jasa Anda akan diketahui orang lain dan semakin berkembang. Selanjutnya, cobalah kembangkan bisnis Anda. Bisa dengan membuka service printer, service komputer atau menjual aneka alat tulis dan perlengkapan kantor.

10. Menjual Aneka Bibit Pertanian

Bisnis bibit tanaman

Usaha yang satu ini juga berpotensi lho. Anda bisa membuka usaha menjual aneka bibit tanaman yang sangat dicari oleh orang lain.

Misalkan bibit bunga, bibit cabe, seledri, terong ataupun bibit durian musang king dan lain sebagainya.

Modal yang dibutuhkan juga tak terlalu besar, siapkan saja untuk membeli pot, atau kamu bisa membuat pot sendiri. Kemudian siapkan pupuk agar tanaman kamu tumbuh subur dan enak dilihat.

Langkah selanjutnya buatlah tanaman pertanian yang kamu miliki terlihat subur dan rapi. Tujuannya agar konsumen berminat membeli ketika kamu melakukan promosi. Untuk langkah promosi, kamu bisa memanfaatkan teman, keluarga atau media sosial kamu.

11. Ternak ikan hias

Usaha ikan hias

Bisnis selanjutnya yang bisa kamu rintis dengan modal kisaran 1 juta adalah bisnis ternak ikan hias. Ya, kamu bisa memulainya kapan saja.

Modalnya besar? Tidak, kamu bisa membeli bibit dengan harga murah. Tergantung ikan yang kamu budidayakan.

Modal akuarium kecil saja terlebih dahulu, buatlah dengan sekat atau kecil kecil untuk menampung bibit ikan hias dengan aneka model.

Lalu, promosikan ikan hias mu di media sosial, jual dengan harga terjangkau asalkan kamu sudah bida meraih komisi. Langkah ini untuk tahap awal saja, selanjutnya kamu bisa membuat usaha kamu lebih besar dengan ketekunan tentunya.

12. Guru bimbingan

Guru bimbingan

Kamu punya keahlian? Bisa mengajar? Nah ini bisa menjadi kesempatan baik buat kamu. Kamu bisa menjual keahlian kamu dengan membimbing orang lain. Kamu bisa mendapatkan uang lho dari bisnis ini.

Begini…

Misalkan kamu jago komputer, nah kamu bisa membuka les komputer kan? Berikan harga murah terlebih dahulu agar mereka tertarik.

Atau kamu jago bahasa Inggris, kamu bisa kok membuka les bahasa inggris. Selain itu kamu bisa saja membuka bimbingan khusus untuk anak anak dirumah.

Caranya bagaimana?

Coba kamu temui orang tua mereka, lakukan promosi, berikan pengetahuan bahwa kamu bisa mengajari mereka keahlian kamu. Mungkin keahlian bahasa, keahlian komputer atau pun bimbingan mata pelajaran sekolah.

Bisnis semacam ini tidak membutuhkan modal, yang diperlukan adalah keberanian dan kemauan untuk maju.

13. Personal trainer

Personal trainer

Apa itu?

Sebagai contoh ada orang yang ingin mencapai target bentuk otot mereka ketika fitness. Inilah peluang kamu, sebab mereka biasanya membutuhkan guidance atau orang yang bisa membantu mereka mencapai target tersebut.

Apakah kamu orang yang aktif? Ramah? Suka berbicara? Nah ini ada lagi bisnis yang cocok buat kamu anak muda di era sekarang ini. Kriteria tersebut sangat cocok untuk menjalankan bisnis modal personal trainer.

Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar lho. Sama seperti poin sebelumnya, bisnis ini cukup minim sekali modalnya.

Apa yang paling penting?

Kamu harus paham berbagai jenis olah raga yang ada. Coba kamu tambah lagi pengetahuan kamu melalui komunitas olah raga yang kamu miliki. Coba juga kamu kembangkan dan lakukan promosi, beritahu teman teman komunitas kamu agar membantu promosi. atau kamu bisa saja promosi melalui media sosial kamu.

14. Online Course

Online Course

Khusus bagi kamu yang sudah punya laptop dan punya koneksi internet. Kamu bisa lho memulai usaha online course. Ada banyak bidang yang bisa kamu coba, misalakn kan online course tentang :

  • Masakan kuliner
  • Bahasa Inggris
  • Keahlian mata pelajaran sekolah
  • dan masih banyak lagi

Caranya bagaimana?

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk bertatap muka. Atau coba cari platform yang bisa video call multi user. Nah manfaatkan platform tersebut untuk berkumpul dengan murid murid kamu.

Berapa modalnya?

Seperti yang telah dijelaskan tadi, bagi kamu yang sudah punya koneksi internet dan komputer, kamu bahkan tidak membutuhkan modal untuk membuka usaha ini. Cukup dengan kemauan dan tekad yang kuat agar murid kamu semakin ramai.

15. Desainer grafis

Desainer Grafis

Jangan salah lho. Sekarang ini jumlah media semakin terus berkembang. Jumlah perusahaan juga terus bertambah.

Apa dampaknya?

Dampaknya ada begitu banyak perusahaan yang membutuhkan iklan. Dari iklan ini sangat dibutuhkan para desainer grafis. Terutama untuk iklan dalam bentuk gambar.

Selain itu, perorangan juga membutuhkan lho, biasanya mereka yang membutuhkan editor foto menarik atau desain khusus.

Anda bisa mempelajari beberapa bidang pada bagian ini. Misalkan jago desain grafis bidang arsitek, bidang karikatur atau bentuk iklan yang diinginkan oleh para perusahaan.

16. Budidaya ikan konsumsi

Budidaya ikan konsumsi

Memangnya ada budidaya ikan dengan modal kisaran 1 juta? Ada kok, tenang saja, yang penting kita tahu prinsip dasarnya. Yang perlu kamu lakukan coba cari jenis ikan yang bisa dibudidayakan dengan mengandalkan sumber alam.

Misalkan ikan air tawar yang tahan dan bisa diberi pakan dari alam. Nah jika kamu sudah menemukan jenis ikannya. Coba kamu pelajari bagaimana cara membudidayakan ikan tersebut.

Dari mana?

Kamu bisa belajar dari orang yang sudah menjalankan bisnis ini atau dari internet. Ada banyak kok sumber yang bisa kamu manfaatkan.

Sukses itu hak semua orang lho, ingat itu. Jadi niat dan tekad serta kemauan untuk belajar adalah hal dasar yang harus kamu miliki.

17. Usaha Aneka Minuman Ringan dari Rumah atau orderan Online

Usaha minuman ringan

Selain usaha makanan, sebenarnya usaha minuman juga sangat menjanjikan lho. Apalagi jika didukung dengan strategi yang bagus.

Kamu tak perlu bingung, coba saja buka internet. Ada begitu banyak contoh dan resep yang bisa kamu coba. Jangan modal besar dulu, cukup dengan modal kecil kecilan kisaran 500 ribu hingga 1 juta.

Cara menjualnya?

Begini, saat ini pasti setiap orang punya hp dan punya koneksi internet. Nah, kamu bisa memulai dengan mempromosikan via media sosial. Coba posting hasil karya minuman kamu di media sosial. Selanjutnya cobalah bagikan di media sosial kamu.

Cara ini cukup ramai kok yang mencobanya, ada yang kebanjiran order bahkan. Jadi, kamu bisa memulainya dari sekarang. Carilah ide minuman yang menerik di internet. Kamu pasti bisa browsing kan?

Baca juga: Cara Sukses Ekspansi Bisnis Internasional Agar Berhasil

Nah itulah tadi beberapa ide bisnis modal dibawah 1 juta yang bisa kamu perhatikan. Intinya kamu harus mau berusaha dan mau memulai. Bulatkan niat kamu untuk meraih impian kamu. Semua orang berhak untuk sukses kok. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini.