6 Cara Menjadi Youtuber Bagi Pemula yang Sukses

Posted on

Menjadi YouTuber pemula sangatlah mudah. Hanya saja Anda perlu mengambil langkah yang tepat agar channel Youtube Anda bisa berkembang dengan cepat. Itu juga membutuhkan tekad.

Mengapa?

Karena dengan niat dan tekad serta mengambil langkah yang tepat, kalian bisa bekerja dengan sepenuh hati dan menghasilkan karya yang sangat disukai oleh penonton channel Youtube kalian.

Orang selalu berpikir bahwa bekerja sebagai YouTuber adalah tentang membuat konten. Namun perlu Anda ketahui bahwa menjadi seorang youtuber membutuhkan dedikasi dan ketepatan dalam pembuatan konten.

Cara menjadi YouTuber

Nah, jika Anda memang ingin menjadi seorang youtuber, berikut beberapa tips yang harus diwaspadai agar Anda bisa sukses.

1. Siapkan alat untuk memulai Youtube

Untuk sukses di dunia Youtuber, buat rencana untuk alat yang Anda perlukan. Coba pencarian Anda dan pelajari apa yang diperlukan untuk menjadi Youtuber.

Misalkan Anda ingin menjadi youtuber perjalanan, lalu periksa saluran mereka dan tebak apa yang dibutuhkan.

Contoh lain: misalkan Anda ingin menjadi youtuber gaming dan kemudian melakukan pencarian di youtube untuk menjadi youtuber gaming. Baik itu ponsel, kamera, atau komputer.

Mengapa persiapan perlengkapan tempur penting?

Karena dengan persiapan yang matang, pasti akan lebih mudah saat Anda mulai.

Jangan membuat saluran kecuali Anda sudah selesai dengan peralatan yang Anda butuhkan. Jadi cobalah pelajari dulu apa yang diperlukan untuk menjadi seorang Youtuber.

Tentu saja, itu harus disesuaikan berdasarkan tema yang akan Anda pilih. Subjeknya dijelaskan di bawah ini.

1. Buat saluran dan tentukan topik

  • Pertama, buat akun

Langkah pertama adalah membuat akun google terlebih dahulu karena Anda memerlukan akun google untuk membuat saluran youtube.

Buat Akun Google dengan membuka situs web Gmail, ikuti langkah-langkahnya, dan masukkan informasi sesuai dengan informasi Anda. Anda dapat membuat akun Google Anda berdasarkan nama dan detail yang sesuai dengan KTP Anda.

Tujuannya adalah untuk menyederhanakan langkah selanjutnya karena semua data cocok dengan identitas Anda.

  • Tentukan topik Youtube Anda

Nama saluran sama dengan merek dan menjadi ikon Youtube Anda. Nama saluran juga merupakan merek yang akan selalu diingat oleh pemirsa Anda nanti.

Selanjutnya tentukan tema video yang ingin sering anda upload. Pilih kategori yang tepat sesuai dengan keahlian atau bakat Anda. Misalnya konten tentang game, memasak, travelling, musik dan banyak ide lainnya.

Ada begitu banyak jenis topik, tetapi temukan topik yang benar-benar Anda sukai atau terjangkau.

Namun perlu Anda ingat bahwa topik yang Anda pilih juga akan menyenangkan banyak orang. Dengan cara ini, saluran Youtube Anda akan berkembang dengan cepat.

3. Buat Akun Google

Setelah semua langkah di atas, itu mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat akun Gmail dengan Google. Berikut cara membuatnya mudah, sama seperti Anda login ke Facebook.

Buat Akun Google dengan benar. Masukkan tanggal sesuai KTP Anda agar langkah ke depan lebih mudah.

Silakan masuk ke alamat gmail.com, masukkan detailnya di sana dan pertama buat akun sehingga Anda dapat membuat saluran youtube Anda.

4. Buat konten menjadi yang paling menarik

Yang terpenting, agar Anda sukses dan memiliki jutaan pemirsa, Anda perlu membuat konten yang paling menarik. Karena dengan konten yang menarik, algoritma YouTube akan memperhatikan channel Anda.

Efeknya luar biasa. Channel dan video Anda selalu ditampilkan dalam rekomendasi dan bisa menjadi trending.

Bagaimana cara membuat konten yang menarik?

Tentu saja, untuk membuat konten yang menarik Anda harus mahir di bidang yang Anda buat. Katakanlah Anda pandai bermain game, lalu jadikan video game Anda paling menarik untuk orang lain.

Dengan asumsi Anda pandai memainkan alat musik, maka buatlah video musik Anda sangat menarik bahkan mengalahkan yang lain.

Dengan cara ini, saluran Youtube Anda biasanya akan berkembang dengan cepat. Anda dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan karena konten Anda sangat menarik.

Itulah mengapa memilih topik membutuhkan pemikiran yang cermat. Jangan hanya mengikuti, lakukan sesuai dengan bakat Anda.

5. Berbagi konten di media sosial

Untuk pemula di YouTuber, tidak mungkin saluran baru tiba-tiba menjangkau jutaan pemirsa. Diperlukan waktu beberapa saat untuk mempercepat saluran Anda.

Cara paling umum untuk membuat orang melihat saluran Anda adalah dengan menjalankan iklan di media sosial. Misalnya dengan berbagi di akun Facebook, akun Twitter atau akun media sosial lainnya.

Perhatikan, bagaimanapun, bahwa Anda tidak melakukan rilis spaming. Tidak hanya media sosial yang buruk untuk saluran Anda, itu juga melarang spam.

Lakukan semuanya secara alami dan alami. Jangan memaksa. Karena saluran yang berkembang dengan cepat didasarkan pada perkembangan alamiah.

6. Berikan

Untuk menjadi YouTuber yang sukses, Anda perlu mengupload video ke saluran Anda dengan hati-hati. Upload secara teratur dan tentukan jadwal kapan Anda perlu mengupload video. Juga, buat jadwal kapan Anda perlu membuat, mengedit, konten baru, dll.

Selanjutnya, coba lakukan promosi dengan memberikan sesuatu. Cara ini cukup efektif untuk mempromosikan YouTube.

Cara ini juga banyak digunakan oleh para YouTuber sukses, meskipun saluran mereka berkembang dengan cepat, mereka tetap memberikan sesuatu, sehingga pelanggan terus menambang banyak.

Jenis pemberian sangat tergantung pada topik Anda, tentunya. Misalnya, saluran Anda tentang bermain dan memberikan sebagai karakter atau cara membeli item dalam game.

Atau, jika Anda membuat channel review ponsel, Anda bisa memberikan hadiah berupa stimuli atau aksesoris ponsel yang menarik bagi audiens Anda.

7. Ambil tindakan

Setiap pekerjaan membutuhkan tindakan khusus. Tidak ada yang namanya kesuksesan yang terjadi begitu saja, tindakan nyata harus diambil.

Anda tidak terlalu memikirkannya, tetapi Anda tidak terlalu memikirkannya. Karena itu, teruslah mengambil tindakan, tetapi persiapkan dengan cermat semua persyaratan yang mungkin dibutuhkan saluran Anda.

Dimulai dengan mempersiapkan perlengkapan video hingga mempromosikan channel. Lakukan secara bertahap dan serius. Semoga dengan cara ini saluran Anda bisa berkembang dengan cepat.

Baca juga: Youtube menghadirkan layanan musik premium yang terjangkau untuk pelajar

Itulah tadi beberapa tips dan cara menjadi youtuber pemula. Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit klarifikasi. Selalu sambut kesuksesan.