6 Cara Google Chrome Agar Ringan dan Cepat Hemat RAM

Posted on

Bagi Anda yang suka berselancar pasti sudah sangat familiar dengan browser yang satu ini, yaitu browser Google Chrome. Peramban Google Chrome adalah peramban yang sangat populer di seluruh dunia. Hampir semua orang menggunakan browser ini.

Mengapa?

Browser Google Chrome tidak hanya ringan dan cepat, tetapi juga menawarkan tingkat keamanan yang sangat tinggi dibandingkan dengan browser lainnya. Belum lagi browser ini dibuat oleh perusahaan raksasa online terbesar di dunia.

Itulah alasan utama mengapa browser ini sangat direkomendasikan dan mengapa Anda perlu menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari di internet.

Jika ponsel atau komputer Anda tidak berspesifikasi tinggi, tetapi Anda ingin peramban Google Chrome berjalan lebih cepat dan lebih mudah daripada spesifikasi tinggi. Lalu ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil.

Apakah kamu?

Di bawah ini adalah ulasan dan pengaturan tentang bagaimana Anda dapat membuat Chrome Anda lebih mudah dan lancar sambil berselancar di Internet. Datang dan lihat reviewnya.

1. Melalui Task Manager

Percepat Chrome

Jika Chrome Anda tidak berjalan secepat biasanya dan tidak ada masalah koneksi, tekanlah CTRL + ALT + DEL. Perhatikan gambar di atas. Jadi Anda dapat mencoba menonaktifkannya untuk sementara dan menebak penggunaan RAM apa yang tidak diperlukan.

Caranya silahkan pilih dulu, lalu klik kanan lalu tebak saja proses mana yang tidak perlu.

Proses di atas biasanya terdiri dari program utama dan plugin. Silakan cari plugin dan nonaktifkan terlebih dahulu. Metode ini sangat efektif untuk membuat Chrome kembali berfungsi dengan cepat saat PC Anda memiliki RAM terbatas.

2. Hapus ekstensi atau add-on yang tidak perlu

Jadikan Chrome Ringan

Biasanya kalian yang ingin mendownload video suka menggunakan plugin. Memang benar, ada banyak plugin yang dapat membantu Anda di Chrome. Misalnya plugin terjemahan, plugin unduhan video dan sejenisnya.

Namun, tahukah Anda bahwa plugin ini menggunakan RAM?

Sekarang mari kita periksa kembali berapa banyak plugin yang telah Anda instal di browser Chrome Anda.

Agar Chrome tetap cepat dan ringan, Anda dapat menghapus beberapa ekstensi, yang juga disebut plugin. Periksa mana yang perlu dan mana yang tidak. Dengan begitu, Chrome Anda bisa menjadi lebih kuat dan lebih ringan.

Jangan percaya Harap tinjau dan ikuti langkah-langkah di atas. Biasanya, Chrome lebih cepat dan lebih mudah.

3. Gunakan tema bawaan untuk membuatnya lebih lancar

Tema terang

Tahukah Anda bahwa Chrome memiliki gudang topik yang sangat luas? Bagi Anda yang ingin berganti topik, Anda bisa mengunjungi webstore untuk mencari topik favorit.

Namun, bagi Anda yang tidak memiliki spesifikasi komputer yang tinggi dan menginginkan kinerja Chrome yang lebih cepat, ada baiknya untuk menggunakan tema standar di luar rak.

Tema standar di luar rak menggunakan sedikit RAM, membuat kinerja Chrome lebih cepat dan lebih mudah.

Untuk melihat pengaturan ini, silakan pilih pengaturan lalu cari satu bagian layar, dan pilih reset ke default. Lihat contoh gambar di atas untuk lebih jelasnya.

4. Selalu perbarui ke versi terbaruCara memperbarui Google Chrome

Chrome adalah browser yang terus diperbarui. Tentu saja, saat Anda terus memperbarui Chrome, ini menjadi browser yang menjadi lebih cepat dan lebih ringan.

Sekarang tentunya, jika Anda ingin lebih cepat dengan sejumlah fitur baru, Anda harus selalu menggunakan versi terbaru.

Caranya cukup sederhana. Ikuti langkah-langkah di bawah ini

  1. Pilih tiga item di pojok kanan atas lalu pilih menu Tolong Lalu pilih melalui Google Chrome
  2. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman update, silahkan lihat di atas. Jika ada update maka akan ada notifikasi dan silahkan ikuti saja.
  3. Setelah proses upgrade selesai, silahkan pilih bagian tersebut Muat ulang.
  4. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

5. Coba plugin

Plugin Satu Tab Lebih Baik

Membuka banyak tab tentunya akan membuat web browsing kita menjadi lebih mudah. Kita bisa memilih mana yang akan dibuka untuk dibaca atau dilihat.

Bagi Anda yang ingin membuka banyak tab, Anda bisa mencoba plugin untuk membantu Chrome lebih menghemat RAM. Karena dengan plugin ini Anda tetap bisa membuka banyak tab tanpa menggunakan banyak resource.

Cara mengatasinya cukup sederhana dan mudah dipelajari. Dengan begitu Anda dapat membuka lebih banyak tab jika spesifikasi komputer Anda tidak tinggi.

Sekarang kebiasaan ini sudah lumrah, dengan banyaknya tab kita bisa dengan mudah memilih tab mana yang akan digunakan.

Dengan plugin satu tab yang lebih baik, Anda masih dapat mengelola tab Anda dengan mudah. Silakan coba saja jika Anda penasaran.

Plugin lain yang bisa Anda coba adalah beberapa jenis penghemat data. Jenis plugin ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data internet dan RAM Chrome. Untuk membuat aktivitas browsing Anda lebih cepat dan mudah.

6. Membersihkan cache dapat membuat Chrome lebih mudah

Sehingga browsernya ringan

Tahukah Anda apa itu cache? Cache adalah sistem tempat data situs web disimpan di browser Anda. Tujuannya agar prosesnya lebih mudah saat Anda membuka kembali situs web tersebut.

Mengapa? Karena transfer data lebih kecil dan ini membuat koneksi lebih efisien.

Namun, terlalu banyak juga dapat meningkatkan proses RAM. Jadi ada baiknya Anda dapat menghapus cache di browser Anda seperti yang ditunjukkan di atas dalam jangka waktu tertentu.

Triknya adalah:

  1. Pilih titik dua di sudut kanan atas, lalu pilih History.
  2. Setelah itu, pilih bagian Clear browsing data di browser Chrome Anda.
  3. Pilih periode yang ditentukan

Baca juga: Bagaimana cara menghemat kuota internet di komputer Anda agar paket Anda valid

Jadi bagaimana? Ini tidak mudah.

Ini adalah beberapa kiat yang dapat Anda coba untuk membuat browser Chrome Anda lebih cepat dan mudah. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit penjelasan untuk anda.